Perbedaan OPPO A5s dengan A1k yang Harganya Terpaut Rp200 Ribu

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 24 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
OPPO A5s menawarkan spesifikasi lebih tinggi dari A1k sehingga dibanderol dengan harga sedikit lebih mahal.
tirto.id - OPPO memiliki beberapa lini smartphone entry-level yang telah dipasarkan di Indonesia. Seri terbaru yang hadir di pasar tanah air adalah OPPO A1k yang dijual dengan harga Rp1.799.000.

Banderol harga OPPO A1K cukup menarik untuk kelas entry-level. Namun, OPPO juga memiliki seri lain yang harganya hanya terpaut Rp200 ribu, yakni OPPO A5s (2GB) yang dijual dengan harga Rp1.999.000.

Berikut ini perbedaan OPPO A5s dengan A1k yang harganya terpaut Rp200 ribu.

Ukuran Layar

OPPO A5s dibekali dengan layar sentuh berukuran 6,2 inci, sedangkan OPPO A1K memiliki ukuran sedikit lebih kecil, yaitu 6,1 inci. Layar kedua smartphone ini sama-sama mengusung resolusi HD+ dengan jenis panel IPS.

Performa

OPPO A5s mengandalkan dukungan chipset MediaTek Helio P25 berkonsep octa-core dengan kecepatan 2,3GHz. Dapur pacu ini dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB. Kemampuan ponsel ini untuk bermain game cukup baik di kelasnya berkat dukungan GPU PowerVR 8320.

Sementara performa OPPO A1K sedikit di bawah A5s, yang mengandalkan chipset MediaTek Helio P22 berkonsep octa-core dengan kecepatan 2GHz. Dapur pacu ini dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB. Kemampuan ponsel ini untuk aktivitas gaming cukup cakap berkat dukungan kartu grafis PowerVR 8320.

Kamera

OPPO membekali A5s kamera belakang ganda resolusi 13 megapiksel yang dilengkapi fitur phase-detection autofocus (PDAF) dan LED flash. Sementara kamera keduanya berkekuatan 2 megapiksel yang berfungsi sebagai depth sensor.

Mengenai kamera depan OPPO A5s yang berkekuatan 8 megapiksel diperkuat fitur AI menggunakan lensa dengan aperture f/2.0 untuk mengakomodir hasrat selfie penggunanya.

Sementara OPPO A1k belum dibekali dengan kamera ganda seperti A5s. Ponsel ini untuk kamera belakangnya berkekuatan 8 megapiksel dengan lensa aperture f/2.2 yang juga dilengkapi fitur PDAF dan LED flash.

Adapun kamera depan OPPO A1k yang berkekuatan 5 megapiksel juga diperkuat fitur AI menggunakan lensa dengan aperture f/2.0. Baik kamera depan maupun belakang OPPO A1k juga dilengkapi fitur portrait atau bokeh.

Baterai

OPPO A5s dibekali baterai berkapasitas 4.230mAh, sedikit lebih besar dari baterai OPPO A1k yang hanya 4.000mAh. Keduanya sama-sama tak dibekali fitur fast charge.

Secara umum, OPPO A5s memang lebih unggul dari A1K. Hal ini cukup sepadan dengan harganya yang Rp200 ribu lebih mahal. Pilih OPPO A5s atau A1K, semua kembali pada dana yang tersedia dan selera masing-masing konsumen.


Baca juga artikel terkait OPPO atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
DarkLight