Perbedaan Manusia Purba dan Manusia Modern serta Persamaannya

Oleh: Syamsul Dwi Maarif - 22 September 2021
Dibaca Normal 3 menit
Apa saja perbedaan manusia purba dengan manusia modern dari segi fisik dan non fisik? Selain itu, apa saja persamaan manusia purba dan manusia modern?
tirto.id - Manusia purba adalah manusia yang hidup pada zaman praaksara, era sebelum tulisan ditemukan. Manusia purba hidup pada masa jauh sebelum kemunculan manusia modern. Diperkirakan, sekitar 4 juta tahun lalu sudah ada manusia purba yang tertua.

Sedangkan manusia modern adalah manusia yang telah digolongkan dalam kategori homo sapiens, yang mempunyai volume otak dan ciri-ciri fisik yang sama dengan manusia pada masa sekarang.

Manusia modern sudah mampu menggunakan seluruh akal dan pikirannya untuk menjalani hidup. Selain itu, manusia modern merupakan jenis manusia yang sudah dapat menemukan, membuat, dan menggunakan alat-alat dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Manusia purba dan manusia modern memiliki beberapa persamaan pada aspek fisik dan aspek non fisik. Selain itu, manusia purba dan manusia modern juga memiliki perbedaan dalam kedua aspek tersebut. Berikut penjelasannya.

Persamaan Manusia Purba dan Manusia Modern Secara Fisik & Non Fisik

Dikutip dari modul Sejarah: Persamaan dan Perbedaan Manusia Purbaan Manusia Purba dengan Manusia Modern oleh Kemendikbud (2020:23-24), manusia purba dan manusia modern memiliki beberapa persamaan dari segi aspek fisik dan non fisik.

Aspek fisik terdiri dari beberapa hal yaitu bentuk badan, berjalan dengan kaki, tinggi badan, warna kulit, warna rambut dan warna mata serta bentuk hidup.

Sementara, aspek non fisik meliputi jenis makanan, mengenal bahasa, dapat menggunakan api, dan senang berburu.

1. Persamaan Manusia Purba dan Manusia Modern secara Fisik

a. Bentuk badan

Manusia purba dan manusia modern umumnya memiliki bentuk badan yang sama, yaitu berpostur tubuh tegak. Fosil-fosil dari manusia purba awal menunjukan bentuknya bentuk tubuhnya yang tegak. Kemudian, dalam perkembangannya bentuk tubuh manusia purba semakin membaik seperti pada manusia purba jenis Homo Erectus.

b. Berjalan dengan menggunakan dua kaki

Manusia purba dan manusia modern sama-sama berjalan menggunakan kedua kaki. Hal tersebut, menjadi pembeda antara manusia dengan kera maupun gorila yang berjalan menggunakan tangan dan kaki. Manusia yang dapat berjalan hanya dengan kaki, dapat memanfaatkan kedua tangannya untuk pekerjaan lain seperti menggunakan alat maupun mempertahankan diri.

c. Tinggi badan

Manusia purba dan manusia modern cenderung mempunyai tinggi badan yang hampir sama, yaitu di kisaran 110-200 cm. Salah satu jenis manusia purba yang mempunyai tinggi badan yang serupa dengan manusia modern adalaah Homo Erectus dengan kisaran 165-185 cm.

d. Warna kulit, rambut, dan mata

Manusia purba dan manusia modern cenderung memiliki warna kulit dan rambut yang sama. Meski manusia purba diperkirakan punya warna tubuh yang lebih gelap, perbedaannya dengan manusia modern tidak terlalu besar.

Sementara, warna rambut Manusia purba dan manusia modern pun tidak jauh berbeda. Umumnya, kedua jenis ini memiliki rambut berwarna hitam, pirang, cokelat, putih dan kuning. Demikian pula warna mata manusia purba dan manusia modern, juga tak terlalu berbeda, seperti hitam, cokelat, hijau, abu-abu dan biru.

e. Bentuk hidung

Manusia purba dan manusia modern memiliki bentuk hidung yang sama, yaitu berbentuk mancung ataupun pesek dan besar maupun kecil.

f. Mata yang menghadap ke depan

Manusia purba dan manusia modern sama-sama mempunyai mata yang peletakannya sama yaitu, mengarahkan pandangan ke arah depan.

g. Tungkai Jari

Manusia purba dan manusia modern memiliki tungkai jari yang dapat digerakkan ke segala arah.

2. Persamaan Manusia Purba dan Manusia Modern dalam Aspek Non fisik

a. Manusia purba dan manusia modern mengonsumsi jenis makanan yang sama, yaitu daging dan tumbuh-tumbuhan. Artinya, keduanya sama-sama omnivora.

b. Manusia purba dan manusia modern sama-sama mengenal serta menggunakan bahasa. Mereka memakai bahasa tertentu untuk berkomunikasi.

c. Manusia purba dan manusia modern sama-sama bisa memakai api untuk memasak makanan.

d. Manusia purba dan manusia modern sama-sama bisa menggunakan sejumlah peralatan guna mempermudah keperluan hidupnya. Namun, kualitas peralatan milik manusia purba berada jauh di bawah kepunyaan manusia modern.

e. Manusia purba dan beberapa manusia modern memiliki kesenangan dalam berburu.


Perbedaan Manusia Purba dan Manusia Modern secara Fisik dan Non Fisik

Manusia purba dan manusia modern memiliki beberapa perbedaan dalam aspek fisik dan non fisik. Aspek fisik terdiri dari beberapa hal seperti bentuk badan, bentuk kepala, bentuk air muka, tulang rahang bawah, dan bentuk hidung. Sementara, beberapa aspek non fisik meliputi kepercayaan, alat-alat yang digunakan, belum mengenal perhiasan dan bahasa.

1. Perbedaan manusia purba dan manusia modern secara Fisik

a. Bentuk badan

Manusia modern memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping daripada manusia modern. Kemudian, manusia modern cenderung menggunakan teknologi daripada kekuatan fisik dalam pemenuhan kebutuhannya. Sementara, manusia purba lebih mengandalkan kekuatan fisiknya.

b. Bentuk kepala

Manusia modern memiliki ruang tengkorak lebih besar dibanding manusia purba. Volume otak milik manusia modern berukuran lebih dari 1000 cc, sementara otak manusia purba kurang dari 1000cc.

Selain itu, bentuk tengkorak kepala atas dan bagian belakang manusia purba umumnya berbentuk lancip. Sedangkan manusia modern memiliki tengkorak kepala yang umumnya berbentuk bulat.

c. Bentuk air muka dan tulang rahang bawah

Manusia purba memiliki tulang kening yang lebih menonjol daripada manusia modern. Selain itu, manusia purba mempunyai dahi yang miring ke belakang, sementara manusia modern memiliki bentuk dahi yang vertikal.

Tulang rahang manusia purba juga lebih besar dan kuat. Bentuk rahang bawahnya lurus ke depan sehingga tidak berdagu. Sedangkan manusia modern memiliki tulang rahang tidak terlalu kuat dan ukurannya lebih kecil serta mempunyai dagu.

d. Bentuk hidung

Manusia purba mempunyai bentuk hidung yang sama dengan manusia modern. Namun, ukuran hidung manusia purba umumnya lebih besar daripada milik manusia modern.

2. Perbedaan manusia purba dan manusia modern dalam Aspek Non Fisik

a. Berbeda dengan manusia modern, manusia purba belum belum mengenal adanya kehidupan setelah kematian.

b. Berbeda dengan manusia modern, peralatan yang digunakan oleh manusia purba lebih sederhana.

c. Manusia modern mengenal banyak jenis perhiasan, sementara manusia purba tidak.

d. Manusia modern telah mengenal adanya pakaian, sementara manusia purba tidak.

f. Manusia purba berpola nomaden dan membentuk kelompok-kelompok dalaam ukuran kecil. Sementara, manusia modern telah menetap dalam kelompok-kelompok yang besar.

g. Manusia purba memenuhi kebutuhan dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan. Sedangkan, manusia modern menggunakan banyak cara seperti pertanian, peternakan, dan berbagai pekerjaan lainnnya.

Baca juga artikel terkait MANUSIA PURBA atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Addi M Idhom
DarkLight