Perbedaan iPhone XR & iPhone 11: Dual Kamera Hingga Fast Charge

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 12 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Beberapa alasan untuk upgrade dari iPhone XR ke iPhone 11, beserta perbedaan spesifikasinya.
tirto.id - Apple telah resmi memperkenalkan iPhone 11 dalam Apple Special Event di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, AS, Rabu (11/9/2019). iPhone 11 ini dijual dengan harga mulai $699 atau sekitar Rp9,8 juta.

Kehadiran iPhone 11 ini akan menjadi penerus bagi iPhone XR. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone 11 menawarkan konsep desain yang sedikit berbeda, kamera ganda, kinerja yang lebih tinggi, dan baterai yang lebih besar. Berikut penjabaran perbedaan spesifikasi keduanya.

Kamera

Sektor fotografi memang menjadi perbedaan paling mencolok antara iPhone XR dengan iPhone 11. iPhone XR mengandalkan dukungan kamera iSight berkekuatan 12 megapiksel yang diperkuat sensor 1/2.55 inci 1.4um piksel dengan lensa aperture f/1.8, OIS, dan didukung fitur phase-detection autofocus (PDAF).

Apple juga membekali kamera belakang iPhone XR dengan quad LED flash. Kamera depan iPhone XR bisa dikatakan cukup memadai dengan resolusi 7MP untuk sekadar foto selfie. Adapun kamera depan kedua yang berfungsi sebagai 3D TOF.

Sedangkan iPhone 11 mengandalkan dukungan kamera dua buah kamera atau kamera ganda. kamera utama berkekuatan 12 megapiksel yang diperkuat sensor 1/2.55 inci 1.4um piksel dengan lensa aperture f/1.8, OIS, dan didukung fitur phase-detection autofocus (PDAF). Sedangkan kamera kedua 12MP dengan lensa ultra wide-angle 13mm dengan aperture f/2.4.

Kemampuan kamera depan iPhone 11 mengalami peningkatan pesat dengan resolusi 12 megapiksel yang ditandemkan lensa bukaan f/2.2 untuk mengakomodasi foto selfie. Ponsel ini juga masih dibekali kamera depan kedua sebagai 3D ToF.

Performa

Performa iPhone XR terbilang masih sangat powerful dengan dukungan prosesor Apple A12 Bionic yang berkonsep hexa-core yang terdiri dari dual-core Vortex 2,5GHz dan quad-core Tempest 1,6GHz dan ditandemkan RAM 3GB.

Kemampuan iPhone XR dalam memainkan game cukup andal berkat dukungan GPU dari Apple GPU quad-core.

iPhone 11 menawarkan lompatan kinerja yang signifikan dengan penggunaan chipset baru yang disebut dengan Apple A13 Bionic yang dibuat dengan teknologi 7nm+. Sayangnya, spesifikasi teknis chipset ini masih belum terungkap.

Baterai

iPhone XR didukung baterai berkapasitas 2942mAh dengan dukungan fitur fast charge 15W.

Sedangkan iPhone 11 menawarkan kapasitas baterai yang lebih besar, yakni 3110mAh. Tak hanya itu, teknologi fast charge iPhone 11 juga lebih cepat dengan daya hingga 18W.

Melihat peningkatan di beberapa sektor, apakah layak pengguna iPhone XR melakukan upgrade ke iPhone 11?

Jika konsumen membutuhkan kamera ultra-wide dan kinerja yang lebih tinggi, tentu upgrade ke iPhone 11 adalah pilihan tepat.

Namun, jika sudah merasa puas dengan kinerja iPhone XR saat ini dan kurang membutuhkan kamera ultra-wide, mungkin pengguna dapat menunda upgrade.


Baca juga artikel terkait IPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight