Menuju konten utama

Perbedaan Hotel dan Fasilitasnya Sesuai Klasifikasi Bintangnya

Penilaian penggolongan kelas hotel bintang dan penetapan hotel non bintang dilakukan setelah seluruh persyaratan dasar dapat terpenuhi.

Perbedaan Hotel dan Fasilitasnya Sesuai Klasifikasi Bintangnya
Seorang petugas kebersihan hotel dengan menggunakan face shield membersihkan kamar di Hotel Kawasan Jl. TB Simatupang, Jakarta, Kamis (10/6/2020). tirto.id/Andrey Gromico

tirto.id - Fasilitas yang ada di setiap hotel biasanya akan dipengaruhi oleh klasifikasi atau penggolongan bintang pada hotel tersebut.

Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani mengatakan penilaian untuk penggolongan kelas hotel berbintang akan ditetapkan setelah syarat dipenuhi.

“Penilaian penggolongan kelas hotel bintang dan penetapan hotel non bintang dilakukan setelah seluruh persyaratan dasar dapat terpenuhi," kata Hariyadi, seperti dilansir Antara.

Hariyadi menambahkan, hotel yang belum mencapai nilai minimal sesuai ketentuan untuk golongan kelas hotelnya, harus memperbaiki atau memenuhi kekurangannya paling lambat dalam waktu enam bulan.

"Apabila dalam jangka waktu tersebut hotel tidak melaksanakan perbaikan, maka hotel itu akan digolongkan ke dalam kelas bintang yang lebih rendah," ujar Hariyadi.

Pelaksanaan penilaian sertifikasi usaha hotel dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) Bidang Pariwisata yang berkedudukan di wilayah Indonesia.

Lalu, apa perbedaan fasilitas hotel sesuai klasifikasi bintangnya?

Perbedaan hotel dan fasilitasnya sesuai klasifikasi bintangnya

Hotel non bintang

Hotel ini biasanya disewakan dengan harga yang relatif murah. Fasilitas yang dimiliki juga standar.

Biasanya, hotel ini disebut juga dengan hotel budget. Kriteria hotel non bintang, antara lain punya kamar sederhana dan kamar mandi biasanya terletak di luar.

Hotel bintang satu

Hotel bintang satu biasanya dikelola langsung oleh si pemilik dan ukurannya relatif kecil.

Namun, hotel ini berlokasi strategis, di tempat ramai, dan memiliki akses ke transportasi umum.

Tentu saja harganya jauh lebih murah. Kriterianya, antara lain punya kamar tipe standar dengan jumlah kamar minimal 15, kamar mandi di dalam dan luas kamar minimal 20 meter persegi.

Hotel bintang dua

Akses menuju hotel bintang dua biasanya bisa dicapai dengan mudah. Hotel bintang dua berlokasi di lingkungan yang aman, bersih, dan bebas polusi.

Gedungnya juga terawat dan rapi. Kriterianya adalah punya kamar standar minimal 20 dengan luas minimal 22 meter persegi, punya kamar suite minimal satu kamar seluas minimal 44 meter persegi, kamar mandi di dalam, tersedia TV dan telepon di setiap kamar.

Di hotel ini, pintu kamar harus dilengkapi pengaman. Kamarnya dilengkapi AC dan jendela.

Hotel bintang dua juga harus punya lobi, sarana olahraga, rekreasi dan bar. Fasilitas penerangannya 150 lux.

Hotel bintang tiga

Dari hotel bintang tiga, Anda lebih punya akses mudah untuk menjelajah tempat wisata, pusat belanja, dan pusat bisnis.

Lokasinya juga dekat tol, jadi bukan hanya cocok untuk wisatawan, tapi juga untuk pebisnis. Para karyawannya juga terlihat rapi, profesional, dan siap melayani tamu dengan ramah.

Kriterianya adalah punya lobi berdesain apik, punya kamar standar minimal 30 dengan luas minimal 24 meter persegi, punya kamar suite minimal dua dengan luas minimal 48 meter persegi.

Kamar mandi di dalam, punya toilet sendiri. Selain sarana rekreasi dan olahraga, harus ada restoran yang menyediakan makanan pagi, siang dan malam. Hotel bintang tiga juga punya valet parking.

Hotel bintang empat

Hotel ini memiliki bangunan yang luas dan cukup besar, dekat dengan tempat wisata, tempat belanja, dan pusat hiburan.

Kriteria hotel bintang empat adalah punya kamar tipe standar minimal 50, kamar suite minimal tiga yang luas minimalnya sama dengan hotel bintang empat.

Tamu juga bisa menikmati kamar mandi dengan fasilitas air panas atau dingin. Lobi di hotel bintang empat minimal seluas 100 meter persegi.

Hotel bintang lima

Hotel bintang lima hotel termewah dengan pelayanan multibahasa. Karena sangat mementingkan tamu, maka setiap tamu yang datang akan disambut dengan ramah oleh staf.

Setiap tamu yang akan menginap juga diberikan welcome drink, bahkan diberikan daftar anggur yang bisa dipilih saat masuk ke kamar hotel.

Hotel bintang lima harus punya kamar tipe standar minimal 100 (luas minimal 26 meter persegi), minimal empat kamar suite (luas setidaknya 52 meter persegi), kamar mandi dalam dengan air panas atau dingin.

Tempat tidur dan perabotan dalam kamar harus berkualitas tinggi dan ada fasilitas restoran selama 24 jam serta makanannya pun bisa diantar ke kamar. Hotel bintang lima pun menyediakan pusat kebugaran dan valet parking.

Baca juga artikel terkait HOTEL atau tulisan lainnya dari Nur Hidayah Perwitasari

tirto.id - Sosial budaya
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH