Perbedaan Emas Antam dan UBS, dari Harga hingga Dimensi

Oleh: Yudha Najib - 8 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harga emas antam lebih tinggi dibanding UBS. Antam memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan emas UBS.
tirto.id - Emas batangan antam dijual Rp745.000 per gram dalam perdagngan hari ini, Jumat (8/11/2019) di butik logam mulia Pulo Gadung. Sedangkan UBS dijual Rp738.000 gram.

Saat ini emas merupakan salah satu investasi yang baik, karena harga emas yang cenderung naik setiap tahunnya. Baik itu berupa perhiasan maupun emas batang.

Ada dua emas yang cocok untuk berinvestasi, yaitu emas batangan Antam dan UBS. Emas Antam berada di bawah PT Antam tbk dan merupakan produsen dari emas batang Antam ini sejak tahun 1973, dikutip dari website Sahabat Pegadaian.

Produk emas batangan Antam terdiri dari dari ukuran 1 gram, 2 gram, 2.5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Sedangkan emas UBS diporduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera atau PT UBS di Surabaya sejak tahun 1981. Dan mengeluarkan pecahan minted bar yang terdiri dari 0.5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Dari segi sertifikat, emas Antam yang paling baru memiliki bentuk cetakan press, dan emas terlaminasi dengan sertifikat berbentuk seperti simcard. Sertifikasi dari PT Antam telah diakui oleh LBMA (London Bullion Market Associaton).

Berbeda dengan emas Antam, emas UBS bersertifikat Nasional keluaran dari PT UBS sendiri, dan memiliki perbedaan. Pada emas pecahan 0,1 – 4 gram menggunakan kertas dan emas terlaminasi di dalamnya.

Kemudian untuk pecahan 5 – 100 gram menggunakan kertas berhologram dan terpisah dari emasnya. Sehingga hologram tersebut bisa di pegang secara langsung.

Harga dari emas Antam relatif lebih tinggi dibandingkan dengan emas UBS. Dan untuk waktu pemesanan emas Antam ini adalah 1 bulan. Sementara untuk memesan emas UBS relatif lebih singkat dibandingkan dengan emas Antam ini.

Sedangkan dari segi ukuran, dimensi emas ini merupakan ukuran emas dengan berat yang sama. Emas Antam memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan emas UBS.

Selain itu, emas Antam dan emas UBS emas ini juga memiliki persamaan. Keduanya sama – sama memiliki kadar emas sebanyak 99,99 persen.

Tak kalah penting dalam menentukan emas mana yang akan diinvestasikan adalah harga jual kembali atau buyback. Harga buyback emas batangan Antam hari ini Rp661.000, dikutip dari Logam Mulia.


Baca juga artikel terkait HARGA EMAS atau tulisan menarik lainnya Yudha Najib
(tirto.id - Ekonomi)

Kolumnis: Yudha Najib
Penulis: Yudha Najib
Editor: Yantina Debora
DarkLight