Perbandingan Spesifikasi Advan i6 dan i5C Duo, Unggul Mana?

Oleh: Ibnu Azis - 5 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Perbedaan spesifikasi Advan i6 dan i5C Duo terletak pada sektor layar, kamera, dan baterai.
tirto.id - Dilepas di harga Rp1 jutaan, Advan i6 dan i5C Duo hadir untuk mengakomodir kebutuhan pengguna yang menginginkan smartphone terjangkau dengan spesifikasi terbaik di kelasnya. Apabila kedua perangkat tersebut dibandingkan dari spesifikasi, maka yang lebih unggul?

Advan i5C Duo menawarkan diagonal 5 inci HD IPS yang memungkinkan layar tetap nyaman ditonton meski dilihat dari sudut manapun. Lengkungan kaca 2.5D juga membuat panel depan perangkat ini tampak menawan. Sayangnya, smartphone ini masih mengusung rasio layar lawas 16:9.

Sebaliknya, Advan i6 mengikuti tren kekinian ponsel pintar. Hadirkan sensasi FullView Display berkat rasio 18:9, perangkat ini menawarkan layar lega 5,5 inci HD. Menurut General Manager Sales Advan Ellen Anggraeni Gunawan, kehadiran i6 sebagai jawaban akan kebutuhan dan tren ponsel pintar era sekarang.

"FullView Display pada Advan i6 memberikan pengalaman baru bagi konsumen. Melihat tayangan video dengan layar penuh, serta bermain game menjadi lebih mengasyikan dengan Advan i6," katanya pada 25 April 2018.

Dari komponen ini, Advan i6 memberikan sesuatu yang baru ke pengguna. Tak sekadar mengikuti tren rasio kekinian, namun smartphone dengan layar lebih luas ini menawarkan pengalaman maksimal untuk aktivitas bermain game dan menikmati konten multimedia.

Berikutnya, perbedaan terletak pada sektor fotografi. Advan i6 dibekali lensa belakang 13MP bukaan f/2.0 dan kamera depan 5MP. Sementara i5C Duo memiliki resolusi lensa lebih rendah, namun dibekali kamera utama ganda yakni 8MP+0,3MP dan lensa depan 5MP. Selain itu, fitur fotografi perangkat ini cukup lengkap mulai dual flash hingga bokeh solution.

Kendati demikian, kamera utama Advan i6 memungkinkan pengguna mengatur white balance, ISO, exposure, saturation, contrast, dan brightness untuk hasil foto lebih kreatif. Sementara pada kamera selfie, sensor SAMSUNG CMOS tersemat untuk menangkap fokus dengan tajam, cepat, dan jelas. Hadir pula fitur Portrait Mode, Algoritma kecantikan, Face AE Technology, dan Automatic Face Recognition.

Terakhir, pada sektor catu daya. Lagi-lagi Advan i6 unggul karena membawa kapasitas lebih besar, yakni 3.000mAh sementara i5C Duo 2.500mAh. Advan mengklaim, kapasitas baterai i6 mampu membuat perangkat tersebut bertahan 8-9 jam untuk pemakaian normal. Jangka waktu ini dinilai cukup untuk menemani aktivitas pengguna seharian tanpa perlu berkali-kali mengisi daya.

Kendati memiliki perbedaan, kedua perangkat juga identik. Sebut saja pada fitur fingerprint dan komponen memori yang sama-sama membawa RAM 2GB dan storage internal 16GB. Bila dirasa kurang lapang, pengguna bisa memanfaatkan slot microSD hingga 64GB. Advan i6 dan i5C Duo juga berjalan di OS IDIOS 7.2 berbasis Android Nougat 7.0.

Saat pertama kali diperkenalkan, Advan i6 ditawarkan dengan harga Rp1,499 sementara i5C Duo Rp1,299 juta. Bagi pengguna yang menginginkan smartphone kamera yang mengusung layar kekinian mengikuti tren, i6 bisa dijadikan pilihan. Namun, bila memiliki dana terbatas, i5C Duo cukup bisa diandalkan sebab menawarkan spesifikasi mumpuni di kelasnya termasuk kamera utama ganda.


Baca juga artikel terkait ADVAN atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis