Perayaan Imlek 2019 di Indonesia, dari Singkawang hingga Semarang

Oleh: Yantina Debora - 4 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Warga Tionghoa di Singkawang , Purwokerto, Bangka-Belitung dan Semarang menyambut Tahun Baru Imlek 2019 dengan ragam cara.
tirto.id - Warga keturunan Tionghoa di seluruh dunia bakal merayakan Tahun Baru Cina atau Imlek yang jatuh pada Selasa (5/2/2019).

Imlek selalu identik dengan warna merah. Makanan khas Tionghoa, lampion, kertas, petasan hingga angpau serba merah turut meriuhkan Tahun Baru Cina.

Berikut perayaan Imlek di beberapa kota di Indonesia:

1. Kota Singkawang, Kalimantan Barat

Perayaan Imlek di Singkawang akan berlangsung selama 17 hari mulai dari tanggal 3 Februari hingga penutupan tanggal 20 Februari di Stadion Kridasana.

Mengusung tema Panggung Pesta Rakyat Cap Go Meh 2019 Singkawang, perayaan ini diisi dengan adanya bazaar, pentas seni dan budaya.

Pengunjung juga akan disuguhkan hiasan menarik berupa sepasang replika singa setinggi 8,8 meter dan lebar 3,8 meter, lampion-lampion dan lainnya.

2. Purwokerto

Java Heritage Hotel menjadi salah satu tempat yang mengadakan perayaan Tahun Baru Imlek 2019 di Purwokerto. Acara yang dibuka untuk umum ini berlangsung dari tanggal 3 – 5 Februari 2019 bertempat di halaman parkir hotel.

Acara ini dimeriahkan dengan adanya bazaar kuliner, wahana permainan, pameran, pentas seni dan budaya seperti wayang potekie, tongsai (Kenthongan dan Barongsai), liong, wushu, keroncong mandarin, dance dan lainnya.


3. Bangka-Belitung

Provinsi Bangka Belitung juga merayakan Imlek dengan mengadakan acara bertajuk Festival Harmoni Imlek 2019 (FHI 2019) pada hari ini 4 Februari mulai pukul 18.30 WIB.

Acara yang bertempat di Klenteng Amal Bakti ini akan dimeriahkan dengan adanya festival payung, bazaar kuliner, pertunjukan dance, atraksi barongsai, lomba kreasi lampion, oriental art fashion dan ditutup dengan pesta kembang api.

4. Semarang

Klenteng Sam Poo Kong akan menjadi pusat perayaan Imlek 2019 di Semarang seperti tahun - tahun sebelumnya.

Perayaan ini berlangsung dari 1 Februari hingga 5 Februari yang digelar dengan adanya hiburan mulai dari penyanyi Emily Young, kulineran, dan hiburan barongsai, reog ponorogo, tarian, hingga live music.


Baca juga artikel terkait HARI RAYA IMLEK atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH