Peran TNI dalam Penanganan COVID-19 di Berbagai Daerah

Penulis: Iswara N Raditya - 5 Okt 2021 19:05 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Sejumlah tokoh memberikan apresiasi atas peran TNI dalam penanganan pandemi COVID-19 di berbagai daerah.
tirto.id - Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober, sejumlah tokoh memberikan apresiasi atas peran para personel militer dalam penanganan pandemi COVID-19 di berbagai daerah.

Dalam peringatan HUT TNI ke-76 yang dilaksanakan di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021) dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa keberhasilan dalam menangani pandemi COVID-19 tak terlepas dari peran besar TNI.

“Keberhasilan kita dalam menangani pandemi COVID-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI, TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Selain Presiden Jokowi, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta juga menyampaikan apresiasinya terhadap TNI. Anies Baswedan mengakui bahwa peran TNI sebagai mitra Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sangat besar. Hal tersebut dikatakan Anies Baswedan melalui akun Twitter resminya dalam rangka peringatan HUT TNI yang ke-76.

"Kolaborasi kami, Alhamdulillah telah berhasil bersama-sama mendorong Jakarta menjadi sebuah tempat yang aman dan peran TNI luar biasa besar, seluruh jajaran bekerja all out," cuit Anies Baswedan via Twitter, Selasa (5/10/2021).

"Kami di DKI Jakarta merasakan sekali masa-masa pandemi seperti sekarang ini, kehadiran TNI menjadi salah satu pemberi solusi yang luar biasa," imbuh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini.

Tidak lupa, Anies Baswedan mengucapkan selamat ulang tahun kepada TNI dan mendoakan yang terbaik. "Insya Allah TNI makin jaya dari masa ke masa. Dirgahayu TNI ke-76, salam hangat, salam hormat, bersatu berjuang kita pasti menang," ucapnya.

Apresiasi untuk para anggota TNI juga datang dari Senayan. Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Christina Aryani, memuji keberhasilan TNI yang melakukan beragam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam situasi pandemi COVID-19.

"Kami memonitor semua gerak langkah TNI sejak awal pandemi masuk Indonesia dan sampai saat ini hasilnya sangat positif dan memuaskan," kata Christina Aryani dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (5/10/2021), dikutip dari Antara.

Politisi dari Partai Golkar ini menyebut bahwa para anggota TNI sangat berperan dalam penanganan COVID-19 di berbagai daerah, mulai dari penegakan disiplin protokol kesehatan, mengawal pembagian sembako bersama dengan pemerintah daerah, hingga kegiatan vaksinasi.

"Efektivitas kerja TNI sangat membantu masyarakat di tengah situasi pandemi COVID-19," ujar Christina Aryani.

Christina Aryani menambahkan, peran aktif TNI juga mendapat apresiasi yang sangat bagus dari publik. Upaya TNI melakukan pengendalian pandemi di setiap daerah selaras dengan citra TNI yang mencapai 95,5 persen.

Angka tersebut, kata Christina Aryani, lebih baik dibandingkan dengan sejumlah lembaga tinggi negara lainnya. "Semua ini patut diapresiasi dan tentu menjadi kado istimewa bagi TNI pada HUT Ke-76," sebutnya.


Anggota Komisi I DPR RI lainnya, Dave Laksono, juga melontarkan apresiasi atas gerak cepat TNI dalam mendukung kesuksesan vaksinasi COVID-19 di berbagai daerah di tanah air, salah satunya melalui program "Serbuan Vaksinasi".

“TNI begitu aktif, TNI menjemput bola kepada mereka yang sulit mendapatkan vaksin," tuturnya dilansir Antara.

Peran para anggota TNI, lanjut Dave Laksono, sangat vital karena mereka mampu merambah wilayah-wilayah yang notabene sulit dijangkau demi menyukseskan program vaksinasi COVID-19 yang digalakkan oleh pemerintah.

"Kegiatan vaksinasi itu menjangkau wilayah terdepan dan terluar di Indonesia, bahkan wilayah-wilayah kepulauan," tutup Dave Laksono.

Banner BNPB Info Lengkap Seputar Covid19
Banner BNPB. tirto.id/Fuad

Baca juga artikel terkait VAKSINASI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Addi M Idhom

DarkLight