Peran Bepe di Balik Lolosnya Persija ke Final Piala Indonesia 2018

Oleh: Ibnu Azis - 6 Juli 2019
Masuk pada babak ke-2, Bepe memotivasi rekan-rekannya agar tak lengah, sehingga Borneo FC gagal mengejar agregat 3-2 dari Persija.
tirto.id - Bambang Pamungkas dipuji Pelatih Persija Julio Banuelos, memiliki peran penting di balik lolosnya Macan Kemayoran ke final Piala Indonesia 2018. Bepe yang masuk pada babak kedua, disebut Banuelos membawa perubahan dalam tim.

Persija ditahan imbang 1-1 Borneo FC pada laga leg ke-2 semifinal Piala Indonesia 2018 di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (6/7/2019). Ismed Soyan membawa Macan Kemayoran unggul pada menit ke-33 kemudian dibalas mantan rekannya, Renan Silva, pada menit ke-58.

"Awal pertandingan kita kuasai permainan, cuma sayang kita kebobolan, tapi setelah itu kita bangkit lagi," kata Banuelos melalui penerjemah di Samarinda usai pertandingan.

Setelah gol Renan Silva, Borneo FC seakan mendapat momentum untuk bangkit. Bepe yang masuk menggantikan Bruno Matos, disebut Banuelos mampu memotivasi rekan-rekannya agar tak lengah.

"Apalagi ketika kehadiran Bepe [Bambang Pamungkas], ia berikan motivasi kepada tim lagi, kembali menguasai bola, ya kita bersyukur masuk final," tambahnya.

Hingga wasit meniup panjang peluitnya, Borneo FC tak mampu menambah gol sekaligus gagal mengejar agregat 3-2 dari Persija. Banuelos mengatakan, pencapaian ini merupakan hasil kerja keras semua tim.

"Jauh hari kita sudah persiapan, kita analisis tim Borneo, celah-celah mereka, bagaimana kita bisa masuk, semua berkat kerja keras," ujar pelatih asal Spanyol itu.

Senada dengan Banuelos, sang kapten, Ismed Sofyan, mengatakan bahwa tiket ke final adalah buah dari hasil kerja keras semua elemen, baik pelatih, pemain, dan suporter.

"Kami senang bisa mencapai target, itulah hasil dari kerja keras, hasil dari semua elemen [...] kita harus bersyukur dan sampai final adalah sesuatu yang luar biasa," ujar pemain berusia 39 tahun itu.


Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight