Penyebab YouTube Down pada Senin Sore Menurut Google

Oleh: Dhita Koesno - 15 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
YouTube down pada Senin sore (14 Desember 2020), dan Google memberikan penjelasannya.
tirto.id - YouTube dan sejumlah layanan lain milik Google seperti Gmail, Google Meet, Google Hangouts, Google Play dan lainnya mengalami down pada Senin (14/12/2020) sore.

Situs pemantau layanan web Down Detector melaporkan, banyak pengguna mengalami masalah yang ditandai saat mengakses YouTube, Google Hangouts, dan Google Meet yang terjadi Senin, 14 Desember sejak pukul 18.25 WIB.

Masalah YouTube, Gmail, dan layanan Google lainnya yang down terjadi di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Google sendiri telah mengonfirmasi tentang layanannya yang down pada Senin sore melalui sebuah pernyataan

"Hari ini, pukul 3.47 pagi, PT Google mengalami gangguan sistem otentikasi selama sekitar 45 menit karena masalah kuota penyimpanan internal," ujar juru bicara Google seperti dikutip Tech Crunch, Selasa (15/12/2020).

Dalam pernyataan itu dijelaskan bahwa layanan yang mengharuskan pengguna untuk masuk mengalami tingkat kesalahan tinggi selama periode tersebut.

"Masalah sistem otentikasi diselesaikan pada jam 4:32 pagi. Semua layanan sekarang dipulihkan. Kami mohon maaf kepada semua orang yang terkena dampak, dan kami akan melakukan tinjauan tindak lanjut secara menyeluruh untuk memastikan masalah ini tidak terulang kembali di masa mendatang," terang juru bicara Google.

Secara keseluruhan, sejumlah besar layanan Google mengalami down sekitar satu jam pada Senin kemarin.

TechCrunch mewartakan, jam tersebut telah melintasi waktu operasi bisnis di berbagai pasar, yang menyebabkan sedikit penurunan dalam perdagangan pra-pasar untuk perusahaan induk Alphabet.

Berdasarkan pantauan terakhir DownDetector, laporan terkait YouTube yang masuk adalah keluhan mengenai tidak bisa menonton video (59 persen), kemudian tidak bisa mengakses website (30 persen), dan sisanya tidak bisa log-in (9 persen).

Dalam peta pada laman Downdetector, terlihat beberapa titik gangguan YouTube meliputi Singapura, Thailand, Inggris, Jerman, Polandia, Prancis, Australia dan Amerika Serikat.

Tagar #YouTubeDOWN pun sempat menjadi trending topik pada jejaring sosial Twitter pada Senin sore hingga malam.

Google adalah mesin pencari terbesar di dunia. Perusahaan tersebut juga menawarkan layanan email Gmail, platform video hosting Youtube, Google maps, Google Talk dan jejaring sosial Google+.

Google mengembangkan browser Chrome dan perangkat lunak Android untuk ponsel pintar termasuk Google Play Store untuk aplikasi seluler, serta platform periklanan Adwords dan Adsense.


Baca juga artikel terkait YOUTUBE DOWN atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight