Penyebab Rambut Uban di Usia Dini dan Cara Mengatasinya

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 24 Januari 2020
Dibaca Normal 2 menit
Rambut beruban di usia muda umumnya dipengaruhi oleh faktor genetik.
tirto.id - Rambut putih atau uban bisa saja terjadi di usia muda seperti usia 20 tahunan. Biasanya, uban diawali hanya beberapa lembar saja serta ditandai dengan warna rambut memerah pada rambut hitam.

Rambut beruban di usia muda umumnya dipengaruhi oleh faktor genetik, demikian US News mewartakan. Dari sana, ada folikel rambut berisi sel pigmen yang memproduksi melanin, yang memberi warna pada rambut.

Melanin, di sisi lain, juga memproduksi kelembaban alami, dan ketika produksi melanin berkurang rambut akan mulai kehilangan kelembaban dan sekaligus warnanya.

"Jika orang tua atau kakek nenek mengalami rambut putih di usia muda, kemungkinan besar seseorang juga akan mengalaminya," kata David Bank, direktur di Center for Dermatology, Cosmetic, and Laser Surgery Mt. Kisco, New York.

"Tidak banyak yang bisa dilakukan untuk sesuatu yang bersifat genetik." tambahnya.

Ras dan etnis juga berpengaruh terhadap kemunculan uban rambut. Ras kulit putih umumnya mulai melihat adanya uban di usia 35 tahun, sedangkan Afrika-Amerika akan mulai beruban pada pertengahan 40-an, dan Asia mulai di akhir 30-an.

Jika uban rambut muncul lebih cepat dari usia tersebut, maka dapat disebut beruban di usia muda atau uban prematur.

Selain faktor genetik, uban prematur disebabkan oleh faktor lainnya, seperti defisiensi nutrisi, kelainan tiroid, gangguan autoimun, dan merokok, sebagaimana dilansir Refinery:
  • Defisiensi Nutrisi atau kekurangan nutrisi, terutama vitamin B12 menunjukkan gejala salah satunya rambut beruban di usia muda. Selain itu, kekurangan vitamin B12 juga memicu rambut rontok dan pembentukan rambut beruban baru dari akar. Mencegahnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi telur, daging, unggas, dan produk susu. Bagi vegetarian, yang juga mendapat asupan protein terbatas, akan kemungkinan besar mengalami defisiensi B1.
  • Kelainan pada kelenjar tiroid, yang berfungsi menghasilkan hormon, dapat memicu munculnya uban di usia muda. Hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid mengatur banyak hal, seperti menjaga metabolisme, detak jantung, siklus menstruasi, dan banyak hal lain dalam tubuh.
    Maka tidak heran, bahwa kelainan pada kelenjar tiroid juga menimbulkan uban rambut usia dini. Untuk meastikan hal ini, memeriksakan diri ke dokter untuk hasil spesifik sangat dianjurkan.
  • Gangguan autoimun pada dasarnya menyerang tubuh, terutama kulit dan rambut. Penyakit yang umum ditemui saat terjadi gangguan autoimun pada tubuh pada tubuh adalah vitiligo, uban prematur, dan menyerang sel-sel yang bertanggung jawab memproduksi pigmen. Selain uban, kulit juga akan menunjukkan bercak-bercak putih.
  • Merokok. Penelitian yang lebih baru mengkonfirmasi bahwa memiliki rambut beruban sebelum usia 30 tahun lebih umum di kalangan perokok daripada non-perokok.

        Tidak banyak yang bisa dilakukan dengan uban rambut prematur, terutama jika karena genetik. WebMD memberikan beberapa saran agar tetap bisa percaya diri dengan uban di usia dini, seperti menutupinya dengan warna dan perawatan rambut yang akan menjaga rambut tetap indah.

        Ron King, penata rambut profesional L'Oreal menyarankan untuk mengunjungi salon rambut untuk mengecat rambut, memberi higlight rambut, ataupun hanya melakukan perawatan agar rambut tetap lembut terawat dan nampak indah.

        Uban rambut di usia dini juga bukan halangan untuk terus tampil maksimal dengan rambut anda. Beberapa tips penataan rambut ini dapat dilakukan, sebagaimana diulas oleh Anne Kreamer, yang telah mengamati perawatan pewarnaan rambut salon selama kurang lebih 20 tahun.

        • Saat memutuskan untuk untuk mewarnai rambut, pilih warna rambut natural dengan potongan rambut pendek modern untuk tampilan segar.
        • Highlight pada rambut sangat penting untuk menutupi tranformasi rambut yang berubah dari warna gelap ke uban, konsultasikan dengan hair stylist.
        • Pilih potongan rambut modern, seperti bob, atau poni lembut, atau trap layer.
        • Jaga kesehatan rambut. Pastikan memilih sampo yang cocok dengan rambut. Aplikasikan kondisioner dan mousturizer rambut secara teratur.
        • Jika perlu, gunakan catok rambut agar rambut lebih rapih dan bersinar. Rambut beruban cenderung akan beterbangan dan catok membantu mengatasinya. Jangan lupa aplikasikan serum nutrisi anti-panas pada rambut sebelum mencatok.
        • Nikmati hidup. Kecantikan tidak bergantung pada warna rambut. Hal yang esensi adalah kesehatan dan keindahan rambut, apa pun warnanya.

        Baca juga artikel terkait UBAN USIA DINI atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
        (tirto.id - Kesehatan)

        Kontributor: Anggit Setiani Dayana
        Penulis: Anggit Setiani Dayana
        Editor: Alexander Haryanto
        DarkLight