Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak: Solusi dan Cara Mengatasinya

Oleh: Febriansyah - 21 Oktober 2021
Dibaca Normal 2 menit
Mesin mobil mati mendadak dapat disebabkan oleh sejumlah hal. Ketika itu terjadi, Anda mesti tahu cara mengatasinya. Berikut ini panduan dan penjelasannya.
tirto.id - Mesin mobil mati mendadak adalah konsekuensi jika Anda jarang merawat mobil. Kenali terlebih dahulu penyebab mesin mobil mati mendadak sebelum memahami solusi dan cara mengatasinya.

Ketika mesin mati mendadak maka mobil Anda otomatis akan mogok. Situasi ini tentunya sangat tidak diharapkan terlebih bila dalam kondisi terburu-buru dan mobil Anda tiba-tiba mati di tengah perjalanan.

Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak dan Cara Mengatasinya


Maka mari kenali beberapa penyebab kenapa mobil kerap berhenti tiba-tiba:


1. Mesin Terlalu Panas

Dijelaskan Carfromjapan ini adalah salah satu alasan paling umum mengapa mobil tiba-tiba berhenti. Saat bahan bakar terbakar, energi kimia diubah menjadi energi panas. Mesin selanjutnya mengubahnya menjadi energi mekanik yang menggerakkan bagian-bagian mobil.

Dalam kasus ketika panas di ruang mesin ini melampaui batas normal, ia mulai melelehkan piston dan itu bukan pertanda baik.

2. Konverter Katalitik Tersedak

Konverter katalitik adalah bagian vital dari sistem pembuangan. Ini memainkan peran utama dalam menjaga knalpot tetap jernih. Jika ada banyak kotoran dalam bahan bakar daripada yang bisa ditangani konverter, ia akan tersedak dan berhenti bekerja, sehingga mobil akan mogok.

3. Tangki Bahan Bakar Kosong

Jika Anda berkendara tanpa memperhatikan pengukur bahan bakar Anda, ada kemungkinan bahan bakar Anda akan habis dan Anda akan terdampar di sisi jalan. Karena itu, sudah menjadi kebiasaan untuk memeriksa pengukur bahan bakar Anda setidaknya sekali selama perjalanan harian Anda.

4. Masalah Alternator

Sebuah alternator bertanggung jawab untuk mengelola pasokan listrik di kendaraan Anda. Jika mobil Anda tiba-tiba berhenti berjalan, mungkin saja alternatornya rusak. Alternator yang salah akan memotong pasokan daya ke komponen-komponen mobil vital dan Anda akan melihat lampu mati di dasbor atau mesin tiba-tiba kehilangan daya.

5. ECU Bermasalah

Mobil modern dilengkapi dengan ECU, yang merupakan komputer kecil yang mengarahkan berbagai sistem dan fungsi mobil. Dilansir Mechanic Base, jika ada masalah dengan ECU mobil, Anda dapat kehilangan daya di mobil Anda. Biasanya, masalah dengan ECU mobil ditunjukkan oleh Lampu Periksa Engine yang menyala di dasbor mobil Anda.

Setelah lampu ini menyala, tugas Anda adalah membawa kendaraan ke mekanik terdekat dan mendapatkan diagnosis yang tepat. Jika Anda terus mengabaikan Check Engine Light, mobil Anda akan terus mengalami masalah.

ECU Anda akan gagal dan mobil akan mati saat mengemudi. Lebih lanjut, ECU bukanlah komponen yang dapat Anda perbaiki sendiri. Anda perlu menyewa jasa mekanik profesional untuk keluar dari masalah ECU.

6. Masalah Sistem Pengapian

Sistem pengapian mobil memasok daya ke mesin untuk menjalankan. Jika sistem memburuk, mesin Anda akan berhenti tiba-tiba. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba memutar kunci kontak mobil Anda lagi. Jika itu masih tidak menghidupkan mesin, maka Anda pasti mengalami kegagalan sistem pengapian.

Anda harus berkonsultasi dengan mekanik untuk masalah seperti itu paling cepat. Namun, mungkin komponen kecil seperti relay pengapian yang rusak. Relay cukup kecil tetapi memiliki tugas penting untuk mengendalikan jumlah listrik yang melewatinya.

7. Baut Mesin Longgar

Meskipun itu tidak sering terjadi, tetapi kadang-kadang baut terasa longgar. Perawatan mesin yang tidak tepat dapat menyebabkan banyak masalah. Jika baut mesin longgar, mesin akan mulai bergetar dan akhirnya mulai tidak berfungsi. Keausan yang dilalui mesin saat mengemudi, dapat menyebabkan sekrup yang lepas akhirnya terlepas. Mesin pasti akan hancur sendiri dan berhenti dalam kasus itu.


Baca juga artikel terkait MOBIL MOGOK atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Febriansyah
Penulis: Febriansyah
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight