Penyebab Kematian Karena Alzheimer Naik 55 Persen di AS

Oleh: Maya Saputri - 27 Mei 2017
Dibaca Normal 1 menit
Penyakit Alzheimer (AD) menjadi penyebab kematian naik 55 persen antara 1999 dan 2014 di Amerika Serikat.
tirto.id - Angka kematian akibat Penyakit Alzheimer (AD) di Amerika Serikat naik 55 persen antara 1999 dan 2014, menurut isi satu laporan yang disiarkan pemerintah AS belum lama ini.

Selama masa itu, jumlah kematian akibat AD per 100.000 orang Amerika naik dari 16,5 pada 1999 jadi 25,4 pada 2014, setelah usia diperhitungkan, menurut data yang disiarkan oleh US Centers for Disease Control and Prevention di dalam Laporan Mingguan mengenai Kematian dan Penyakit.

Secara keseluruhan, bentuk kematian akibat demensia sekarang adalah penyebab utama keenam kematian di Amerika Serikat, dengan jumlah 3,6 persen dari semua kematian pada 2014.

Alasan yang memungkinkan bagi kenaikan tersebut meliputi pertumbuhan penduduk dewasa tua di AS, peningkatan diagnosis AD pada tahap awal, peningkatan laporan oleh dokter dan petugas lain yang mencatat penyebab kematian, dan berkurangnya kematian akibat penyebab lain pada orang tua, seperti sakit jantung dan stroke.

"Jutaan orang Amerika dan anggota keluarga mereka sangat terpengaruh oleh penyakit Alzheimer," kata Penjabat Direktur CDC Anne Schuchat di dalam satu pernyataan, sebagaimana dikutip Xinhua.

"Studi baru kami mengungkapkan peningkatan peristiwa kematian yang berkaitan dengan penyakit Alzheimer. Saat jumlah orang Amerika yang berusia lanjut dan menderita penyakit Alzheimer bertambah, makin banyak anggota keluarga menghadapi tantangan fisik dan emosi berupa perawatan dibandingkan sebelumnya. Keluarga ini memerlukan dan layak mendapat dukungan kita," katanya.

Laporan itu mendapati sebagian besar kematian akibat penyakit Alzheimer di AS masih terjadi di rumah penampungan atau tempat perawatan jangka panjang, tapi lebih sedikit pada 2014 (54 persen) dibandingkan dengan pada 1999 (68 persen).

Sebaliknya, jumlah kematian akibat penyakit Alzheimer di rumah bertambah dari 14 persen jadi 25 selama masa yang sama.

Daerah dengan angka kematian paling tinggi di negeri tersebut terutama berada di bagian tenggara, kata laporan itu. Daerah yang lain dengan angka kematian tinggi meliputi Midwest dan West Coast.

Meskipun saat ini tak ada obat buat AD, CDC mendesak warga untuk pergi ke dokter jika mereka mengalami gejala yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka seperti kehilangan ingatan, kesulitan menyelesaikan masalah, atau salah menaruh barang.

Menurut lembaga kesehatan AS, diagnosis dini penting untuk memungkinkan pasien dan keluarga mereka mulai merencanakan kebutuhan medis dan perawatan pada semua tahap penyakit tersebut.

Baca juga artikel terkait PENYAKIT atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
DarkLight