Penyanyi Gangnam Style Psy Buat Agensi dan Akan Debutkan Idol Group

Oleh: Maria Ulfa - 25 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Psy mendirikan agensi sendiri setelah keluar dari YG Entertainment pada 2018 lalu.
tirto.id - Penyanyi "Gangnam Style", Psy mengumumkan telah mendirikan perusahaan sendiri yaitu P NATION usai meninggalkan YG Entertainment pada 2018 lalu. Hal tersebut ia umumkan melalui akun instagram pribadi @42psy42 pada Kamis (24/1/2019).

“Saya telah bekerja di bawah nama Psy selama 19 tahun terakhir sebagai penyanyi, produser, manajer, dan perencana,” tulis Psy pada unggahan foto yang memperlihatkan logo perusahaannya.

“Karena itu, saya ingin membagikan apa yang telah saya pelajari selama ini dari banyak orang. Saya akan menantang diri saya sendiri tentang menciptakan taman bermain untuk pemain yang bersemangat, berkeringat untuk mencapai impian mereka,” lanjutnya.

Selang kemudian, Psy mengunggah video Jessi, seorang solois sekaligus rapper Korea Selatan yang sedang menandatangani kontrak kerja. Psy menuliskan caption dengan tagar #welcome dan menandai akun instagram Jessie @jessiecah_o dan tagar #pnation. Jessie menjadi artis pertama asuhan P NATION.

Pada Mei 2018, Psy telah meninggalkan YG Entertainment setelah 8 tahun bekerja di perusahaan tersebut dan mulai aktif secara mandiri.

Menurut laporan Korea Portal, Psy juga berencana membentuk idol group pertamanya. Penyanyi dan penulis lagu berusia 41 tahun tersebut telah melakukan audisi di beberapa akademi tari dan vokal untuk merekrut trainee yang akan didebutkan di bawah agensinya.

Penggemar menjadi penasaran, idol group seperti apa yang akan dibentuk Psy. Mereka berharap musik yang akan dibawakan grup tersebut dekat dengan musik-musik yang telah dibawakan Psy sebelumnya.

Psy dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu. Ia pernah menulis lagu untuk Lee Seung Gi “Because You’re My Woman”, dan untuk Seo In Young “Cinderella”.

Psy juga diakui sebagai salah satu penyebar utama Hallyu Wave secara global. Ia juga mendapatkan kepopuleran di seluruh dunia berkat rekor “Gangnam Style” yang dirilis pada 2012 lalu.

"Gangnam Style" mencapai kesuksesan yang belum pernah dicapai industri musik Korea Selatan sebelumnya. Video musik “Gangnam Style” mendapat 1 miliar kali penayangan dalam waktu 5 bulan. Hingga hari ini, Jumat (25/1/2019) video “Gangnam Style” telah mencapai 3,2 miliar penayangan di YouTube.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra