Penyaluran KUR Libatkan Gojek, Grab, Tokopedia & Shopee

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 23 September 2020
Pemerintah gandeng lembaga keuangan digital untuk menyalurkan kredit usaha rakyat.
tirto.id - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan menggandeng empat fintech yakni Gojek, Grab Indonesia, Tokopedia, dan Shopee.

“Total KUR yang disalurkan oleh bank penyalur KUR pada hari ini mencapai Rp31,08 miliar yang diberikan kepada 294 debitur UMKM. Dari total penyaluran KUR hari ini terdapat pula penyaluran KUR Super Mikro sebesar Rp70 juta kepada 8 UMKM," kata Airlangga, Rabu (23/9/2020)

Ia menyebut, penyaluran KUR hari ini merupakan tahap awal yang akan ditindaklanjuti dengan penyaluran kepada 12 juta UMKM mitra platform digital.

Dari Januari hingga 18 September pemerintah telah menyalurkan KUR sebesar Rp111,21 triliun atau 58,53 persen dari target 2020 sebesar Rp190 triliun dengan sasaran 3,28 juta debitur. Penyaluran KUR dinilai baik karena tingkat non-performing loan (NPL) atau kredit bermasalah berkisar 0,87 persen.

Selama pandemi, kata Airlangga, permintaan KUR melonjak, sehingga total plafon KUR 2020 yang didistribusikan mencapai Rp208,85 triliun. Jumlah tersebut termasuk Rp11,3 triliun plafon KUR Super Mikro dan permintaan tambahan plafon KUR untuk skema lainnya.

Sementara itu, Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari mengungkapkan fokus perusahaan saat ini diarahkan untuk menolong dan mendukung UMKM agar bertahan dan mampu bangkit dari tekanan dampak pandemi COVID-19, salah satunya melalui akselerasi penyaluran KUR secara digital.

Vice Chairman dan Co-Founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison, mengatakan peluncuran KUR Super Mikro yang diinisiasi oleh pemerintah karena ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh para pegiat UMKM, terutama di masa pandemi.


Baca juga artikel terkait KREDIT USAHA RAKYAT atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali
DarkLight