Penyakit dan Gangguan yang Dapat Diredakan dengan Berhubungan Seks

Oleh: Irene Aprilya Meok - 26 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hasil penelitian mengatakan, orang yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki tingkat antibodi lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang jarang berhubungan seks.
tirto.id - Hubungan seks suami istri, selain untuk mendapatkan keturunan, disebut pula bisa membuat hubungan menjadi lebih dekat. Tapi, menurut penelitian, manfaatnya bisa lebih dari itu karena dapat menyembuhkan masalah kesehatan tertentu. Berdasarkan penelitian, orang yang melakukan hubungan seks memiliki tingkat perlindungan tubuh lebih tinggi terhadap kuman, virus, dan lainnya.

Para peneliti dari Wilkes University di Pennsylvania menemukan bahwa orang yang melakukan hubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki tingkat antibodi tertentu yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang kurang sering berhubungan seks, demikian dikutip WebMD.

Selain meredakan penyakit, berhubungan seks juga sama seperti sedang berolahraga. Sebab, melakukan hubungan seks juga menggunakan berbagai otot dan juga dapat meningkatkan detak jantung.

Berikut daftar penyakit yang bisa disembuhkan dengan berhubungan seks dilansir She Knows:

  • Sakit kepala

Berhubungan seks dipercaya bisa menyembuhkan sakit kepala. Sebab, psikolog di University of New York, Gardon Gallup berkata, bahan kimia yang terdapat dalam sperma bisa menimbulkan efek antidepresan pada wanita selama hubungan seksual.

  • Penyakit jantung

Seorang profesor sekaligus direktur medis British Heart Foundation mengatakan, berhubungan seks baik bagi jantung. Berhubungan seks setara dengan berjalan kaki satu mil atau naik turun tangga dua penerbangan.

Pria yang berhubungan seks setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko lebih rendah mengalami serangan jantung. Sementara bagi wanita, berhubungan seks dapat membantu melawan penyakit jantung lewat peningkatan kadar esterogen.

  • Stres

Semakin stres seseorang, semakin rendah pula libidonya, namun dengan berhubungan seks dapat meningkatkan libido dan menghilangkan stres. Stres dapat hilang karena berhubungan seks dapat menciptakan perasaan tenang dan membuat seseorang bernafas dengan baik.

  • Pilek

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Manfred Shedlowski, seorang peneliti di Swis, seks dapat membantu menyembuhkan pilek karena fagosit yang merupakan bagian dari sistem kekebalan yang dapat menyerang dan membunuh kuman pilek.

  • Radang sendi

Berhubungan seks dapat membantu penderita radang sendi. Seorang spesialis radang sendi di Filadelfia, George E. Erlich menemukan bahwa 70 persen penderita radang sendi mengalami lebih sedikit nyeri radang sendi setelah berhubungan seks. Hal ini dikarenakan saat berhubungan seks akan menghasilkan lebih banyak kortison dalam tubuh sehingga dapat mengurangi peradangan, penyebab dari nyeri sendi.





Baca juga artikel terkait BERHUBUNGAN SEKSUAL atau tulisan menarik lainnya Irene Aprilya Meok
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Irene Aprilya Meok
Penulis: Irene Aprilya Meok
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight