Penutupan Arus Perempatan Kentungan Yogyakarta Diundur

Oleh: Irwan Syambudi - 16 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Simpang Empat Keuntungan hari ini batal ditutup karena jalur lambat yang akan digunakan untuk mengalihkan arus belum siap.
tirto.id - Rencana penutupan arus lalu lintas di Perempatan Kentungan Jalan Padjadjaran Yogyakarta belum terealisasi. Hal ini disebabkan masih adanya kendala pada jalur lain yang digunakan untuk pengalihan arus.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Kretek 2 dan Underpass Kentungan Cs Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Muhammad Sidiq Hidayat mengatakan penutupan jalur sebelah barat di Simpang Empat Kentuangan belum dapat dilakukan. Pasalnya jalur lambat yang sedianya digunakan untuk mengalihkan arus belum siap.

"Memang rencananya untuk menutup arus per hari ini [...] Kita sudah inspeksi segala macam, kita sudah lakukan perbaikan-perbaikan tapi ternyata masih ada beberapa titik-titik yang perlu penanganan lebih," kata dia, Rabu (16/1/2019).

Penanganan yang dimaksud Sidiq adalah jalur lambat sebelah selatan yang mengalami kerusakan saat uji coba penutupan dan pengalihan arus ke jalur tersebut dilakukan. Sidiq menambahkan ketika uji coba jalur tersebut mengalami ambles sehingga perlu diperbaiki.

"Mungkin kami coba perbaiki dulu kami coba maksimalkan dulu baru kita nanti evaluasi lagi. Untuk hari ini kita belum bisa tutup jalur cepatnya," kata Sidiq.

Sidiq juga mengatakan, masih adanya sejumlah titik di jalur lambat yang mengalami kerusakan disebabkan oleh hujan lebat yang akhir-akhir turun. Akibat hujan bekas galian di jalur lambat ambles tergerus aliran air.

"Kami harus perbaiki alirannya itu dulu jadi rencana mau kita arahkan aliran airnya supaya tidak menggerus tanah di bawahnya," ujarnya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Sleman AKP Faisal Pratama mengatakan uji coba penutupan arus dilakukan dan akan terus dievaluasi.

"Ini pun masih kita masih evaluasi setiap saat. jangan [sampai] untuk pengendara sepeda motor kami paksakan lewat sini, tetapi material jalan masih sangat mengganggu atau bahkan bisa mencelakakan orang lain atau pengguna jalan," kata dia.

Sebelumnya melalui akun media sosial resmi Polres Sleman diberitahukan bahwa penutupan arus lalu lintas di sebagian Simpang Empat Keuntungan mulai dilakukan pada 14 Januari 2019 sampai 31 Desember 2019. Melalui keterangan tersebut juga disebutkan uji coba penutupan arus dilakukan pada 12 Januari 2019.

Namun penutupan arus masih urung terlaksana, pasalnya masih ada sejumlah kendala yang perlu dibenahi.

Baca juga artikel terkait YOGYAKARTA atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight