Penulis "Death Wish" Brian Garfield Meninggal di Usia 79 Tahun

Oleh: Isma Swastiningrum - 5 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Karya terkenal Garfield adalah “Death Wish” (1972).
tirto.id - Penulis “Death Wish” Brian Garfield meninggal pada 29 Desember 2018. Ia menghembuskan nafas terakhir di kediamannya di Pasadena, California, di usianya yang ke-79 tahun.

Dilansir dari Washington Post pada Jumat (4/1/2019) melaporkan, agen literatur Judy Coppage yang menaungi Garfield mengkonfirmasi kematian itu.

Garfield menulis banyak buku dari kisah misteri hingga cerita perang. Penjualan di seluruh dunia melebihi 20 juta kopi. Beberapa di antaraya diadaptasi menjadi film dan tayangan televisi. Salah satunya “Hopscotch” (1980) yang dibintangi Walter Matthau.

Karya terkenal Garfield adalah “Death Wish” (1972) yang berkisah tentang seorang liberal New York yang mencari keadilan setelah keluarganya diserbu dengan cara yang kejam. Buku ini juga difilmkan dan dibintangi oleh Charles Bronson.

Garfield menulis “Death Wish” setelah jendela mobilnya ditabrak di sebuah jalan di Manhattan dan dompet istrinya dicopet. Pengalaman itu membuatnya berpikir tentang apa yang dinamakan impuls balas dendam dan menjadi respons Garfield untuk membunuh pelaku.

Buku itu ditulis sebagai komentar yang pedas terhadap mental-mental main hakim sendiri, dengan sebuah karakter yang menderita mental saat sedang melakukan balas dendam.

Pada tahun 1975, sekuel “Death Wish” berjudul “Death Sentence” dibuat. Sekuel itu pada tahun 2007 diadaptasi menjadi film yang dibintangi oleh Kevin Bacon.

Garfield sendiri lahir dengan nama lengkap Brian Francis Wynne Garfield di kota New York pada 26 Januari 1939. Dia tumbuh di Arizona dan lulus dari Universitas Arizona pada tahun 1959.
Gelar masternya di bidang bahasa Inggris diperoleh tahun 1963. Semasa muda, Garfield juga memiliki band beraliran jazz-rock-blies bernama The Palisades dengah salah satu hitsnya “I Can’t Quit”.

Garfield pernah menjabat sebagai Presiden “Penulis Barat Amerika dan Penulis Misteri Amerika”. Novel pertamanya “Range Justice” diterbitkan ketika dia berumur 18 tahun. Dia juga menulis novel "The Thousand-Mile War: World War II in Alaska and the Aleutians" yang pernah menjadi finalis penghargaan Pulitzer.

Mengutip dari website pribadi Garfield, dia sudah menerbitkan 70 buku. Beberapa dinominasikan dan memenangkan penghargaan. Beberapa buku terkenalnya selain Hopscotch dan Death Wish adalah Relentless, Necessity, serta menulis untuk film The Stepfahter.

Garfield menikah dengan artis Shan Willson, tapi kemudian bercerai. Lalu menikah lagi dengan Bina Crossblat hingga akhir hayatnya.

Atas kematian itu beberapa penulis seperti Lawrance Block penulis Sinner Man dan Sarah Weinman penulis The Real Lolita mengungkapkan duka citanya lewat twitter.

“RIP Brian Garfield. Sahabat yang baik, sahabat selama bertahun-tahun,” cuit Lawrance penulis misteri itu.

“RIP Brian Garfield, seorang penulis yang diremehkan serius, yang novel-novelnya DEATH WISH dan HOPSCOTCH adalah novel-novel kriminal penting tahun 1970-an," tulis Sarah.

Baca juga artikel terkait PENULIS NOVEL atau tulisan menarik lainnya Isma Swastiningrum
(tirto.id - Humaniora)


Penulis: Isma Swastiningrum
Editor: Yantina Debora
Kontributor: Isma Swastiningrum