Penjelasan Akhir Cerita Serial The Haunting of Bly Manor di Netflix

Oleh: Sirojul Khafid - 13 Oktober 2020
Dibaca Normal 2 menit
Cerita The Haunting of Bly Manor akan berbeda dengan serial sebelumnya. Tidak ada kelanjutan cerita yang berkesinambungan
tirto.id - Serial horor The Haunting of Bly Manor sudah bisa disaksikan di Netflix sejak 9 Oktober 2020.

Serial ini bercerita pada sebuah malam Natal. Kala itu sekumpulan teman dan saudara sedang berkumpul. Mereka saling bertukar cerita hantu.

Salah satu orang bercerita tentang kisah dua anak bernama Flora dan Miles serta seorang pengasuh. Bernama Victoria, pengasuh itu disewa oleh seorang bujangan yang tampan. Dia bertugas untuk merawat keponakannya, Flora dan Miles. Mereka sudah tidak punya orangtua.

Flora dan Miles tinggal di rumah mewah di Desa Bly. Ada sebuah kebun dan danau di dekat rumah mereka. Sejak Victoria mulai bekerja, kejadian-kejadian aneh mulai terjadi. Dia menyakini bahwa ada rahasia kelam tentang rumah yang kini dia tempati.

Cerita The Haunting of Bly Manor akan berbeda dengan serial sebelumnya. Tidak ada kelanjutan cerita yang berkesinambungan.


The Haunting of Bly Manor berada dalam arahan Mike Flanagan. Dia juga mengerjakan serial sebelumnya, The Haunting of Hill House (2018). The Haunting of Bly Manor merupakan adaptasi novel klasik karya berjudul "The Turn of the Screw" karya Henry James.

Ada beberapa penjelasan dari cerita The Haunting of Bly Manor yang mungkin tidak terungkap secara jelas, termasuk di akhir cerita. Berikut ini beberapa penjelasannya.


Aturan Menjadi Hantu

Beberapa pemeran serial ini memberi panduan tentang aturan menjadi hantu di Bly Manor. Apabila seseorang yang tewas di dunia nyata tapi dia belum “mengakuinya”, mereka masuk ke dunia penyangkalan. Pada fase itu, mereka masih bisa menyentuh dan berinteraksi.

Setelah “hantu” itu sudah sadar dan menerima bahwa mereka telah meninggal, mereka akan pergi. “Wajah Anda mulai membusuk, kamu mulai menyelinap, dan hanya itu. Kamu terjebak di Bly Manor selamanya dalam pengetahuan bahwa kamu telah pergi, kamu mati," kata salah satu pemain.

Salah satu adegan dalam serial, tampak Hannah Grose meninggal beberapa saat sebelum Dani tiba di Bly Manor. Kala itu Grose masih melihat ke arah tubuhnya sendiri yang berada di dalam sumur. Grose dibunuh oleh Miles. Grose masih menyangkal kematiannya dan masih bisa melakukan beberapa hal.


Tentang Hantu yang Tidak Bisa Pergi

Adanya "Sumur Gravitasi" membuat beberapa hantu di Bly tidak bisa pergi. Roh Viola membuat sumur itu dengan segala rasa sedihnya. Viola meninggal akibat pembunuhan yang dilakukan oleh saudara perempuannya yang cemburu.

Cara meninggal Viola yang naas ini membuat kematiannya meninggalkan banyak rasa yang belum usai. Belum lagi orang-orang dekat Viola juga membuatnya kesepian. Apabila ada orang yang meninggal akan emosi yang sama dengan Viola, roh itu juga akan terjebak.

The Lady in the Lake

Mungkin banyak penonton ingin akhir yang bahagia untuk Dani. Walaupun nyatanya dia mendapat nasib yang menyedihkan. Pengorbanan Dani untuk menyelamatkan Flora menciptakan ruang di dunia untuk Viola dan amarahnya. Ketika amarah itu terlalu berlebihan, Dani kembali ke Bly Manor dan danau.

Hal yang menarik dan memilukan saat cinta Dani bisa mengalahkan Viola. Narator mengungkapkan bahwa tidak ada jiwa di Bly Manor yang pernah terluka sejak Dani menjadi Lady in the Lake. Ini merupakan kombinasi dari kesedihan dan kemarahan Viola dengan cinta dan pengorbanan Dani.


Narator dan Pernikahan

Salah satu rahasia besar di akhir cerita yaitu pengungkapan bahwa si narator, orang yang menceritakan kisah hantunya di sekitar perapian di pesta pernikahan, sebenarnya adalah Jamie.

Dia merupakan tukang kebun dari Bly Manor. Jamie menghabiskan tahun-tahun terbaik dalam hidupnya bersama dengan cinta dari Dani. Hal itulah yang membuatnya mengetahui kisah tentang rumah berhantu, Lady in the Lake, dan orang Amerika manis dan penuh kasih yang mengorbankan dirinya untuk menggantikan tempat roh.

Pernikahan yang Jamie hadiri sepertinya acara milik Flora Wingrave. Dalam penjelasan ceritanya, si narator mengakui bahwa dia mungkin mengubah beberapa nama dan tempat.

Tangan Dani di Bahu Jamie

Adegan terakhir dari serial ini saat Jamie duduk sendirian di kamar hotelnya. Dia membiarkan pintunya terbuka dengan harapan Dani dapat mengunjunginya. Sebelum adegan benar-benar berakhir, penonton melihat tangan Dani muncul di bahu Jamie, menunjukkan bahwa Lady baru di danau sekali lagi menemukan perempuan yang dicintainya.

Ada ambiguitas apakah Dani mengunjungi Jamie untuk pertama kalinya sejak dia meninggal atau memang selama ini mereka telah bersama. Para pemeran serial ini menyatakan bahwa Dani telah bersama Jamie sepanjang waktu.


Baca juga artikel terkait NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Ibnu Azis
DarkLight