Pengusaha Akidi Tio Sumbang Rp2 Triliun untuk Atasi COVID di Sumsel

Reporter: Antara - 27 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Keluarga pengusaha Akidi Tio menyumbangkan duit hingga Rp2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumatera Selatan.
tirto.id - Keluarga pengusaha konstruksi asal Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur menyumbangkan duit kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sebesar Rp2 triliun. Nama pengusaha tersebut adalah Akidi Tio. Ia telah meninggal pada 2009 silam dan dimakamkan di Palembang.

Bantuan berupa hibah atau corporate social responsibility tersebut dititipkan oleh keluarga Akidi Tio kepada Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri. Bersama Dinas Kesehatan Sumsel, kepolisian daerah akan membentuk tim untuk menyalurkan bantuan agar tepat sasaran.

“Tanggung jawab kami menyalurkan niat baik keluarga almarhum Akidi Tio ini agar bisa tersampaikan ke masyarakat. Tentu tetap mematuhi prosedur hukum yang ada,” ujar Eko, melansir Antara, Senin (26/7/2021).

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Daru menyebut bantuan dari keluarga Akidi Tio akan diberikan kepada warga terdampak pandemi COVID-19. Bantuan berupa peralatan medis dan obat-obatan, makanan, dan sarana serta prasarana protokol kesehatan.

Perwakilan keluarga Akidi Tio, Prof dr Hardi Darmawan mengatakan mendiang semasa hidup rajin membantu warga tidak mampu di berbagai daerah. Di Palembang, kata dia, mendiang pernah menyumbang untuk sejumlah panti jompo.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI, LaNyalla Mahmud Mattalitti mengapresiasi sumbangan dari keluarga Akidi Tio. Ia berharap semakin banyak pengusaha dermawan yang menyumbangkan uang untuk menangani pandemi.

"Kita berharap aksi ini menjadi momentum bagi konglomerat lain untuk memperlihatkan kepeduliannya terhadap masyarakat. Karena beban yang dihadapi tentu akan terasa lebih ringan jika dipikul bersama," kata LaNyalla.

Kasus COVID-19 di Sumatera Selatan hingga 26 Juli terakumulasi 41.583 dengan 41.583 sembuh dan 1.876 meninggal. Empat daerah di Sumsel ditetapkan Pembatasan Pemberlakukan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yaitu Palembang, Musi Banyuasin, Lubuklinggau, dan Musi Rawas.


Baca juga artikel terkait COVID-19 atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Antara
Editor: Zakki Amali
DarkLight