Pengumuman Jadwal Lokasi SKD STAN 2022 dan Nilai Passing Grade

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 29 Jun 2022 07:50 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Pelaksanaan SKD PKN STAN direncanakan mulai 30 Juni 2022. Berikut jadwal pengumuman jadwal dan lokasi SKD.
tirto.id - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sekolah Kedinasan PKN STAN akan digelar 30 Juni - 5 Juli 2022.

SKD merupakan tes lanjutan dalam rangkaian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN 2022 setelah peserta dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi.

Di samping itu, peserta SKD juga mesti sudah menyelesaikan pembayaran biaya pelaksanaan SKD sebesar Rp50 ribu, yang sudah menjadi satu komponen dalam biaya pendaftaran SPMB sebesar Rp350 ribu.

SKD di PKN STAN menerapkan sistem Computer Assisted Test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Materi SKD yang harus dihadapi oleh setiap peserta meliputi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Setiap materi memiliki bobot nilai masing-masing.

Dikutip dari Surat Pengumuman PKN STAN, peserta yang dinyatakan lulus SKD PKN STAN mesti memenuhi dua persyaratan yaitu memenuhi nilai ambang batas (passing grade) SKD sesuai ketentuan yang berlaku, dan peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk Seleksi Lanjutan I.

Seleksi Lanjutan I terdiri dari Tes Kesehatan dan Kebugaran, serta Tes Psikologi. Pengumuman kelulusan SKD akan dirilis pada 13 Juli 2022.

SKD selama ini khas menjadi tes wajib pada rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN), baik CPNS atau PPPK. Tes ini umumnya dibarengi dengan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tujuan dilaksanakannya tes tersebut yaitu diharapkan mendapatkan individu yang memiliki kompetensi dasar dan kompetensi bidang sesuai dengan tuntutan jabatan dan perannya.

Sementara itu, setiap peserta tes SKD PKN STAN harus sudah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2 yang dibuktikan melalui aplikasi PeduliLindungi.

Jika belum divaksin atau masih belum lengkap vaksinasinya, peserta harus menyerahkan surat keterangan dari dokter yang menyatakan alasan belum divaksin serta membawa bukti swab antigen (1x24 jam) atau PCR (3x24 jam) pada saat pelaksanaan tes SKD.

Nilai ambang batas



Nilai ambang batas adalah nilai minimal yang harus dicapai oleh peserta dari hasil menjalani SKD. Nilai tertinggi pada SKD yang memenuhi nilai ambang batas akan diperingkat untuk menentukan peserta dengan hasil terbaik. Usaha keras untuk memenuhi nilai ambang batas tidak boleh diremehkan tiap peserta.

BKN dalam postingan Instagram menyatakan, pada setiap materi tes SKD Sekolah Kedinasan memiliki nilai ambang batas berlainan. Kebijakan nilai ambang batas ini diatur dalam Keputusan Menpanrb Nomor 93 Tahun 2022.Berikut ketentuan selengkapnya mengenai nilai ambang batas SKD tersebut:

Materi Jumlah Soal Nilai Ambang Batas
TKP 45 156
TIU 35 80
TWK 30 65

Ada perbedaan sistem penilaian antara TKP, dengan TIU dan TWK. Soal-soal TKP mempunyai bobot jawaban paling rendah bernilai 1, paling tinggi 5, dan jika tidak dijawab bernilai 0. Selanjutnya untuk soal-soal TIU dan TWK mendapatkan nilai 5 jika dijawab benar, dan bila salah atau tidak dijawab bernilai 0.

Nilai terendah dari kumulatif nilai ambang batas TKP, TIU, dan TWK adalah 301. Ada pengecualian nilai ambang batas untuk peserta dari daerah afirmasi. Nilai ambang batas Afirmasi pada TIU paling rendah 55 dan nilai kumulatif SKD paling rendah 281.

Semua soal SKD sebanyak 110 butir tersebut harus diselesaikan dalam durasi 100 menit. Oleh sebab itu, peserta harus memanfaatkan waktu pengerjaan dengan sebaik-baiknya.

Jadwal SPMB PKN STAN

Agenda penerimaan mahasiswa baru PKN STAN masih akan berlangsung sampai September 2022. Berikut ini jadwal SPMB PKN STAN selengkapnya:

  • 9 – 30 April 2022: Pendaftaran online di portal https://dikdin.bkn.go.id
  • 16 April – 6 Mei 2022: Pendaftaran online di portal https://spmb.pknstan.ac.id
  • 24 Juni 2022: Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
  • 24 – 26 Juni 2022: Pembayaran Biaya Pendaftaran SPMB
  • 28 Juni 2022*): Pengumuman Jadwal dan Lokasi SKD
  • 30 Juni – 5 Juli 2022*): Pelaksanaan SKD
  • 13 Juli 2022: Pengumuman Hasil SKD serta Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan I (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi)
  • 18 – 22 Juli 2022: Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi
  • 4 Agustus 2022: Pengumuman Hasil Seleksi Lanjutan I (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi) serta Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan II (Tes Wawancara)
  • 8 – 12 Agustus 2022: Tes Wawancara
  • 29 Agustus 2022: Pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN
  • 5 – 9 September 2022: Pendaftaran Ulang
  • Akhir September 2022: Mulai pendidikan.


Baca juga artikel terkait SKD STAN atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight