Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri UNY 2018 Bisa Cek di Link Berikut

Oleh: Yantina Debora - 31 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
UNY menggelar seleksi mandiri untuk jenjang S1 dan D3 melalui empat jalur yakni SM Prestasi Unggul, SM UTUL, SM SBMPTN dan SM Kerja Sama.
tirto.id - Pengumuman hasil Seleksi Mandiri berbasis ujian tulis (SM UTUL) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diumumkan Selasa 31 Juli 2018. Tak hanya itu, Seleksi mandiri SBMPTN dan Kerja Sama juga bakal diumumkan hari ini.

Penerimaan mahasiswa baru (pmb) melalui seleksi mandiri untuk jenjang S1 dan D3 melalui empat jalur, seperti dilansir dari situs resmi UNY.

Pertama, PMB melalui SM Prestasi Unggul atau Seleksi Non-Tes Berbasis Prestasi. Prestasi yang diunggulkan yakni dalam bidang nonakademik. Hasil seleksi mandiri melalui jalur prestasi ini telah diumumkan pada 10 Juli 2018.

Kedua, SM UTUL atau seleksi Berbasis Ujian Tulis. Seleksi ini untuk calon mahasiswa baru D3 dan S1 berdasar test akademik.

Calon mahasiswa yang mengikuti SM UTUL harus mengikuti tes tulis Paper Based Test (PBT) atau Computer Based Test (CBT) dan uji keterampilan (untuk prodi tertentu).

Materi uji keterampilan sesuai dengan spesifikasi prodi masing-masing, khusus untuk prodi di FIK akan ditambah tes kesehatan. Materi tes tulis terdiri atas :

1. Kelompok SAINTEK meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bidang Studi IPA.

2. Kelompok SOSHUM meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bidang Studi IPS.

3. Kelompok CAMPURAN meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bidang Studi IPA, dan IPS.

Pengumuman hasil seleksi mandiri berbasis ujian tulis ini diumumkan Selasa 31 Juli 2018.

Ketiga, PMB melalui SM SBMPTN atau Seleksi Berbasis Skor SBMPTN. Seleksi mandiri ini untuk calon mahasiswa baru D3 dan S1 berdsar Tes kademik. Pengumuman seleksi mandiri SBMPTN akan dilakukan pada Selasa 31 Juli 2018.

Terakhir, PMB melalui SM Kerja Sama atau SM UTUL yang diselenggarakan atas dasar Kerja Sama. Seleksi mandiri ini diselenggarakan atas kerja sama antara UNY dengan instansi pemerintah/swasta. Pengumuman SM Kerja Sama dilakukan bersamaan dengan SM UTUL, SM SBMPTN pada Selasa 31 Juli 2018.

Cara Cek Hasil SM UTUL, SM SBMPTN dan SM Kerja Sama UNY 2018

1. Hasil seleksi bisa dicek melalui situs web https://daftarpmb.uny.ac.id/pengumuman
2. Pilih sesuai jalur pendaftaran Anda
3. Isi nomor peserta, tanggal lahir dan kode verifikasi
4. Cek apakah Anda lulus atau tidak
5. Pengumuman ini hanya dapat diakses sampai dengan tanggal 9 Agustus, pukul 23:59 WIB


Baca juga artikel terkait PENERIMAAN MAHASISWA BARU atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora