Pengisi Suara Doraemon, Nurhasanah Meninggal Dunia Diusia 62 Tahun

Oleh: Irwan Syambudi - 12 Juli 2020
Pengisi suara karakter animasi Doraemon, Nurhasanah Iskandar, meninggal dunia pada Minggu, (12/7/2020).
tirto.id - Kabar duka kembali datang dari kancah hiburan Tanah Air. Pengisi suara karakter animasi Doraemon, Nurhasanah Iskandar, meninggal dunia pada Minggu, (12/7/2020) diusia 62 tahun.

Kabar mengenai meninggalnya Nurhasanah diketahui dari unggahan akun instagram @indonesianvoicetalent.

"Innalillahi wa innalillahirojiun. Kabar duka datang dari keluarga besar Doraemon Indonesia. Nurhasanah, dubber Doraemon sejak 1993," tulis akun tersebut dalam unggahannya.

Dijelaskan bahwa penyebab meninggalnya Nurahsanah akibat sakit yang diidapnya. Kabar ini juga mengundang komentar dari warganet yang merasa kehilangan Nurhasana karena telah mengisi masa kecil masa kecil lewat animasi Doraemon.

Seperti dikutip Antara, Nurhasanah pernah bercerita pengalaman sebelum menjadi penyulih suara Doraemon. Ia mengungkapkan pernah mengisi suara untuk telenovela.

Saat itu, beberapa temannnya di RRI mengisi suara untuk kartun Doraemon. Prabawati Sukarta yang mewakili suara Shizuka adalah rekan Nur, sementara pengisi suara Suneo adalah atasannya.

"Saya pikir enak kali ya ngumpul, pergi rekaman Doraemon, enak kali ya ngisi film anak-anak?," kata Nurhasanah pada 2017 silam.

Tawaran menjadi pengisi suara Doraemon kemudian datang dari mendiang Prabawati ketika pengisi suara si robot kucing itu, Anita Riyadi akan diganti.

Nurhasanah resmi menjadi pengisi suara Doraemon sejak 1998. Setelah tiga belas tahun, ia sempat vakum dari Doraemon karena diganti orang lain.


Baca juga artikel terkait KABAR DUKA atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Film)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Reja Hidayat
DarkLight