Pengguna Pindah ke Platform Lain, BBM Setop Beroperasi Mulai 31 Mei

Oleh: Ibnu Azis - 18 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
BlackBerry Messenger akan setop beroperasi setelah 14 tahun melayani penggunanya.
tirto.id - BlackBerry Messenger, aplikasi pesan instan yang populer disebut BBM, akan setop beroperasi mulai 31 Mei mendatang, lantaran banyak penggunanya pindah ke platform lain.

BBM, melalui laman blognya, Kamis (18/4/2019), menjelaskan, pihaknya telah melakukan beragam upaya untuk mencegah hal tersebut terjadi.

"Namun, tak dapat dipungkiri, industri teknologi begitu dinamis. Walau kami telah mengerahkan berbagai upaya, banyak pengguna memilih beranjak ke platform lain, sementara pengguna baru sulit untuk didapat," tulis BBM.

Sebagai aplikasi pesan instan, BBM di platform ini harus bersaing dengan nama-nama besar seperti LINE, WeChat, WhatsApp, atau Messenger. Dua aplikasi terakhir dimiliki oleh Facebook.

BBM sadar bahwa mereka harus menawarkan sesuatu yang baru dari pesaingnya.

Tiga tahun lalu, BBM memperbaharui platformnya, dengan menghadirkan layanan lintas perangkat, yang memungkinkan penggunanya tak hanya berkirim pesan dan berbagi cerita, tapi juga menikmati berbagai konten dan bahkan membayar aneka tagihan.

"Kami telah mencurahkan hati dan tenaga kami untuk mewujudkannya, dan kami bangga atas apa yang telah berhasil kami capai hingga saat ini," tulis BBM.

"Walaupun berat, kini telah tiba waktunya untuk kami pun beranjak," tulis BBM lagi.

BBM, yang diperkenalkan pada 1 Agustus 2005, eksklusif hanya tersedia di perangkat Blackberry. Pada 2013, BBM mulai membuka diri untuk sistem operasi (OS) Android dan iOS. Setahun berselang, aplikasi ini juga merambah ke OS Windows Phone.

Pada Juni 2016, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) mengakuisisi lisensi BBM dari BlackBerry Limited.

Hasil kesepakatan tersebut, BlackBerry Limited akan menyediakan antarmuka pemrograman aplikasi (API) BBM kepada Emtek, sebagai bagian dari kesepakatan enam tahun senilai 207 juta dolar AS.


Baca juga artikel terkait BLACKBERRY MESSENGER atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight