Surat Makkiyah dan Madaniyah

Pengertian Surat Madaniyah, Ciri, Jumlah & Contohnya di Al-Quran

Penulis: Abdul Hadi - 27 Jan 2022 10:12 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Pengertian surat Madaniyah adalah surah / sebagian besar ayatnya turun di periode Madinah, yakni usai umat Islam hijrah ke Madinah. Apa ciri-cirinya?
tirto.id - Pembagian ayat-ayat Al-Quran berdasarkan periode dan tempat turunnya terdiri atas surah Makkiyah dan Madaniyah. Pengertian surah Madaniyah adalah surah-surah yang turun selepas hijrah ke Madinah. Lantas, apa ciri-ciri dan contohnya dalam Al-Quran?

Di sisi sebaliknya, surah-surah Al-Quran yang turun sebelum hijrah, mulai dari ayat pertama turun di gua Hira hingga peristiwa hijrah pada 622 masehi dikenal sebagai surah Makkiyah. Namun, tulisan ini membatasi bahasannya hanya terkait surah Madaniyah. Penjabaran secara rinci mengenai surah Makkiyah, klik di sini.

Dari sejarahnya, Al-Quran diturunkan berangsur-angsur selama 23 tahun. Selepas periode Makkah selama 13 tahun, bergulirkan periode Madinah selama 10 tahun. Para ulama tafsir membagi 2 periode itu dalam susunan surah-surah Makkiyah dan Madaniyah.

Pembagian surah Al-Quran berdasarkan pembabakan waktunya itu memiliki sejumlah tujuan, di antaranya adalah sebagai berikut.

Pertama, pembabakan waktu bertujuan untuk mengetahui hukum fikih nasikh dan mansukh. Dalam hal ini, sebagian hukum Islam yang turun di periode Makkah dihapuskan (mansukh) dengan ayat-ayat yang diturunkan di Madinah (mansukh).

Salah satu contoh hukum Islam yang dihapuskan adalah arah kiblat menghadap Baitul Maqdis dihapuskan dengan ketentuan menghadap Ka'bah berdasarkan surah Al-Baqarah ayat 144:

"Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya," (QS. Al-Baqarah [2]: 144).

Kedua, penurunan Al-Quran secara bertahap, mulai dari surah-surah Makkiyah kemudian surah Madaniyah mengajarkan tentang cara dan pendekatan dakwah kepada masyarakat.

Ayat-ayat Makkiyah didominasi tentang akidah dan penguatan iman. Ketika Islam masih lemah, Allah SWT menurunkan ayat-ayat yang berkaitan dengan tauhid agar keyakinan terhadap Islam kian kokoh.

Sementara itu, saat Islam sudah kuat di Madinah, ayat-ayat yang diturunkan berkaitan dengan sosial-masyarakat, tata negara, muamalah, hingga hubungan sesama manusia.


Apa Pengertian Surat Madaniyah?


Secara sederhana, surah Madaniyah adalah surah atau sebagian besar ayat dalam surah tersebut turun di periode Madinah, yakni setelah umat Islam hijrah ke Madinah pada 622 masehi, sebagaimana dikutip dari Ulumul Quran: Telaah Tekstualitas dan Kontekstualitas Al-Quran (2011) yang ditulis Ahmad Izzan.

Selain itu, meskipun disebut sebagai surah Madaniyah, tidak semua ayat pada surah tersebut turun di kota Madinah. Ada surah yang turun sewaktu nabi bepergian keluar Madinah, namun karena dalam periode Madinah (usai hijrah), surah itu tetap dikenal sebagai surah Madaniyah.


Ciri-ciri Surah Madaniyah dalam Al-Quran


Berikut ini ciri-ciri surah Madaniyah dalam Al-Quran.

  • Surah Madaniyyah didominasi oleh ayat-ayat yang panjang;
  • Surah Madaniyah didominasi oleh pembahasan mengenai masalah sosial kemasyarakatan dan hukum;
  • Lazimnya didahului dengan panggilan: "Yâ Ayyuhâ al-Ladzîna Amanû" (Wahai orang-orang yang beriman), kecuali pada tujuh tempat, antara lain:
  1. Surah Al-Baqarah ayat 21
  2. Surah An-Nisâ ayat 1
  3. Surah Al-Hujurât ayat 13
  4. Surah Al-Baqarah ayat 168
  5. Surah An-Nisâ ayat 133
  6. Surah Al-Hajj ayat 1. Pada ayat tersebut digunakan panggilan: "Yâ Ayyuhâ an-Nâs" (Wahai Manusia);
  • Surah-surah Madaniyah menyebutkan tentang orang-orang munafik, kecuali surah Al-Ankabut.

Surah-surah Madaniyah dalam Al-Quran


Berikut ini daftar lengkap 27 surah Madaniyah dalam Al-Quran berdasarkan urutan susunan mushaf.

  1. QS. Al-Baqarah
  2. QS. Ali 'Imran
  3. QS. An-Nisaa'
  4. QS. Al-Maidah
  5. QS. Al-Anfal
  6. QS. At-Taubah
  7. QS. Al-Hajj
  8. QS. An-Nur
  9. QS. Al-Ahzab
  10. QS. Muhammad
  11. QS. Al-Fath
  12. QS. Al-Hujurat
  13. QS. Ar-Rahman
  14. QS. Al-Hadid
  15. QS. Al-Mujadilah
  16. QS. Al-Hasyr
  17. QS. Al-Mumtahanah
  18. QS. Ash-Shaf
  19. QS. Al-Jumu'ah
  20. QS. Al-Munafiqun
  21. QS. At-Taghabun
  22. QS Ath-Thalaq
  23. QS. At-Tahrim
  24. QS. Al-Insan
  25. QS. Al-Bayyinah
  26. QS. Al-Zalzalah
  27. QS. An-Nasr


Baca juga artikel terkait SURAT MADANIYAH atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Abdul Hadi
Editor: Addi M Idhom

DarkLight