Pendidikan Jasmani & Kesehatan

Pengertian Permainan Bola Besar & Contohnya: Voli hingga Basket

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof, tirto.id - 11 Agu 2022 11:37 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini adalah penjelasan tentang bola besar dan beberapa contoh cabang olahraga yang tergolong sebagai permainan bola besar.
tirto.id - Permainan bola besar merupakan salah satu kategori olahraga yang kerap diajarkan di sekolah, mulai dari jenjang SD hingga SMA.

Mengutip buku Mengenal Permainan Olahraga Bola Besar (2019) karya Sendang Sri Widiastuti, permainan bola besar adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan secara beregu dengan alat bantu utama bola berdiameter lebih dari 50 sentimeter.

Tujuan permainan bola besar adalah membantu meningkatkan kemampuan koordinasi antaranggota tubuh. Di samping itu, jenis olahraga ini juga baik untuk memperkuat kerja sama tim.

Contoh Permainan Bola Besar


Berikut ini adalah beberapa contoh cabang olahraga yang tergolong sebagai permainan bola besar yakni bola voli, sepak bola, bola tangan, dan basket.

1. Bola Voli

Voli adalah suatu permainan olahraga beregu yang dimainkan menggunakan tangan. Tujuan utamanya adalah menjatuhkan bola di dalam petak area lapangan tim lawan.

Permainan ini dimainkan oleh dua tim, dengan anggota masing-masing lima orang. Dua tim tersebut menempati petak masing-masing, yang dibatasi oleh net (jaring).

Dikutip dari laman resmi Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), terknik dasar permainan voli meliputi servis, passing, spike, dan blocking.

A. Servis

Serve (pukulan awal) dilakukan sebagai penanda dimulainya sebuah permainan voli. Teknik dasar ini dilakukan dengan memukul bola menggunakan satu tangan dengan tujuan agar bola melewati net dan jatuh di area pertahanan lawan yang kosong. Pukulan awal tersebut dilakukan di luar petak permainan bagian belakang.

B. Passing

Sama halnya seperti permainan sepak bola, passing dalam permainan voli juga dilakukan dengan tujuan mendukung tim meraih poin.

Namun, dalam permainan voli, sentuhan maksimal di setiap tim adalah 3 kali. Jika melakukan lebih dari itu, poin bertambah untuk tim lawan.

Ada dua jenis teknik mengumpan dalam permainan voli yakni passing bawah dan passing atas.

C. Spike

Setelah mendapatkan umpan dari rekan setim, seorang pemain bisa memukul bola dengan keras ke arah area lawan. Teknik ini disebut sebagai smash atau spike.

Saat melakukan pukulan smash, badan tidak boleh menyentuh net. Jika itu terjadi, poin tambahan akan diperoleh tim lawan.

4. Blocking

Saat pemain lawan melakukan pukulan, upaya pertahanan yang bisa dilakukan pertama kali adalah blocking.

Blocking biasanya dilakukan oleh 2-3 pemain. Mereka melompat dengan menjulurkan kedua tangan ke atas net. Tujuannya adalah untuk membendung bola pukulan dari pemain lawan.

2. Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu olahraga paling digemari di dunia. Penelitian yang dilakukan Nielsen menyimpulkan bahwa 40 persen dari total populasi global tertarik pada sepak bola.

Di Indonesia sendiri, sepak bola menjadi olahraga paling populer kedua. Setidaknya 68 persen dari total penduduk tanah air menggemari olahraga ini. Catatan tersebut hanya kalah dari bulu tangkis yang memperoleh daya tarik sebesar 71 persen.

Secara umum, sepak bola adalah permainan bola besar beregu dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan sekaligus mempertahankan gawang sendiri agar tidak kebobolan. Prinsip dasar permainan ini dilakukan dengan menggunakan kaki.

Danny Mielke dalam bukunya berjudul Soccer Fundamentals (2003) menjelaskan beberapa teknik dasar sepak bola, meliputi:

A. Passing

Passing merupakan salah satu teknik dasar yang mesti dikuasai ketika bermain sepak bola. Tujuan passing adalah memberikan bola kepada rekan setim yang berada dalam posisi bagus, baik untuk menggiring bola, membuka ruang, atau melakukan tembakan ke arah gawang.

B. Dribbilng

Ketika seorang pemain berada dalam kondisi sendiri, tidak ada rekan di dekatnya, teknik dribbling bisa menjadi solusinya. Dribbling dilakukan dengan cara menendang bola sambil berlari dengan tujuan menyerang dan mendekat ke area lawan.

C. Shooting

Shooting dilakukan seorang pemain ketika sedang dalam posisi dekat dengan gawang lawan. Namun demikian, shooting juga bisa dilakukan dari jarak jauh atau dalam posisi sulit sekalipun.

Sepakan ke arah gawang bisa dilakukan dengan punggung kaki, kaki bagian dalam, dan kaki bagian luar.

D. Heading

Sejatinya, semua bagian tubuh bisa dimanfaatkan oleh para pemain, termasuk kepala. Pengenaan bola pada kepala dinamakan heading.

Teknik dasar ini digunakan untuk menjangkau bola-bola lambung, yang tidak mungkin diraih menggunakan kaki.

3. Bola Tangan

Bola tangan (handball) merupakan salah satu jenis permainan serupa sepak bola. Bedanya, permainan olahraga ini tidak dilakukan menggunakan kaki melainkan tangan. Ukuran bola yang dipakai pun relatif lebih kecil daripada sepak bola.

Pertandingan bola tangan indoor dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing terdiri dari tujuh pemain. Dari total pemain tersebut, satu di antaranya berperan sebagai kiper.

4. Basket

Basket merupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk dalam permainan bola besar. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim. Masing-masing dari mereka akan bersaing memasukkan bola ke dalam ring lawan sebanyak-banyaknya.

Setiap tembakan yang berhasil masuk ke ring lawan akan dihadiahi poin. Tim dengan total poin terbanyak hingga laga usai dianggap sebagai pemenang.

Nilai poin tembakan tersebut berbeda-beda ditentukan berdasarkan jarak tembakan.

Tembakan yang dilakukan dari dalam garis setengah lingakaran akan mendapatkan poin 2. Sementara itu, jika bola ditembak dari luar garis setengah lingkaran, tim akan mendapatkan 3 poin (three point).

Sebuah tim juga bisa memperoleh satu poin dalam satu kali tembakan. Itu terjadi jika tembakan dilakukan dalam situasi free throw, atau dalam sepak bola disebut penalti.


Baca juga artikel terkait PENDIDIKAN atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Maria Ulfa

DarkLight