Pengacara Ahok Pertanyakan Mengapa Rizieq Tak Diadili

Oleh: Alexander Haryanto - 4 April 2017
Dibaca Normal 1 menit
"Pak Basuki pidato dalam rangka budidaya perikanan. Lalu didukung pendapatnya itu, dilegitimasi diperkuat oleh tokoh seorang Gus Dur, kok bisa diadili? Sementara Pak Rizieq ngomong seperti itu kok tidak diapa-apain. Adil tidak? Ini tidak lain tidak bukan untuk rekayasa menjegal Pak Ahok sebagai Gubernur," kata anggota tim kuasa hukum Ahok, I Wayan Sudirta.
tirto.id - Video ceramah Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab diputar oleh tim Kuasa Hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai bagian dari barang bukti dalam lanjutan sidang kasus penodaan agama.

"Di situ kelihatan kebencian dari Rizieq kepada Pak Ahok. Ada kata-kata biar 'kesamber gledek' atau ada yang 'bunuh'. Padahal kan dia ahli agama, ahli agama harus bersikap imparsial, bersikap sebagai ahli agama yang tidak punya rasa kebencian," kata anggota tim kuasa hukum Ahok Humphrey Djemat di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Menurut Humphrey, pihaknya sengaja ingin menunjukkan ucapan kebencian Rizieq terhadap Ahok. "Tetapi kalau dilihat dari omongan Rizieq kelihatan sekali kebenciannya terhadap Ahok. Itu justru yang mau kami tunjukkan. Saya perlihatkan bahwa Rizieq mempunyai kebencian," tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa saksi pelopor Ahok adalah sebagian dari FPI, yang terafiliasi dengan FPI maupun kuasa hukumnya FPI. "Semuanya itu bagi kami merupakan jaringan, walaupun dia ada di Palu, Padang tetapi mereka punya kaitan satu sama lain. Itu bagi kami menunjukkan bahwa saksi pelapor punya identitas yang sama sebenarnya. Mereka membenci Ahok, punya ideologi yang sama, punya tujuan yang sama," ujarnya.

Ia pun menyatakan bahwa dari ungkapan-ungkapan kebencian itu sudah terlihat jelas berkaitan dengan Pilkada DKI Jakarta.

Ia pun menilai, ujaran kebencian yang dilontarkan Rizieq ke Ahok sangat bermuatan politik, terutama terkait Pilkada DKI Jakarta. "Dari ungkapan-ungkapan itu bisa kelihatan jelas, dari Rizieq juga sudah kelihatan jelas. Ini politik semuanya, karena kepentingan Pilkada DKI. Bagi kami rangkaiannya jelas, saksi pelapornya punya jaringan yang sama, pengaruh dari FPI, tujuannya yaitu jangan memilih Ahok. Nah itu yang penting bagi kami, karena ini berkaitan dengan demo-demo semuanya. Orang-orang ini yang semuanya melaporkan Ahok," kata Humphrey.

Sementara itu, anggota tim kuasa hukum Ahok lainnya, I Wayan Sudirta mengatakan bahwa video ceramah Rizieq Shihab itu ditayangkan untuk membandingkan dengan video pidato Ahok di Kepulauan Seribu.

"Menyandingkan posisi Pak Basuki dengan Pak Rizieq. Pak Basuki pidato dalam rangka budidaya perikanan. Lalu didukung pendapatnya itu, dilegitimasi diperkuat oleh tokoh seorang Gus Dur, kok bisa diadili. Sementara Pak Rizieq ngomong seperti itu kok tidak diapa-apain. Adil tidak? Ini tidak lain tidak bukan untuk rekayasa menjegal Pak Ahok sebagai Gubernur," kata dia dikutip dari Antara.

Baca juga artikel terkait SIDANG AHOK atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Alexander Haryanto
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight