Penerimaan CPNS 2019 Dibutuhkan di Garut yang Kekurangan Guru

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 15 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Penerimaan CPNS 2019 untuk guru sangat dibutuhkan di Garut yang kekurangan ribuan guru PNS.
tirto.id - Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Jawa Barat berharap pemerintah pusat segera membuka penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) guru sebanyak-banyaknya sehingga kebutuhan guru PNS untuk SD dan SMP di Garut dapat terpenuhi.

"Kita sudah ajukan soal kekurangan formasi guru ini, mudah-mudahan segera dibuka untuk pemerataan guru PNS," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong di Garut, Jumat (13/9/2019).

Saat ini Garut membutuhkan ribuan guru berstatus PNS untuk sekolah tingkat SD dan SMP di seluruh kecamatan terutama wilayah Selatan Garut yang selama ini diisi oleh guru honorer.

"Kekurangan guru PNS di Garut ini mencapai tiga ribu delapan ratusan untuk guru sekolah dasar dan sekolah menengah pertama," kata Totong.

Ia menambahkan, sekolah tingkat SD dan SMP selama ini banyak diisi oleh guru yang berstatus masih honorer sedangkan status PNS hanya beberapa orang dalam setiap sekolahnya.

Ia menyebutkan, jumlah kekurangan untuk tingkat SD yakni mencapai dua ribuan guru, sedangkan tingkat guru SMP negeri sekitar 1.800-an guru.

"Jumlah itu untuk memenuhi kategori ideal formasi guru di semua sekolah SD dan SMP di Garut," ujarnya.

Upaya mengatasi kekurangan itu, kata Totong pihaknya sudah mengajukan adanya penerimaan PNS untuk formasi tenaga pendidikan tingkat SD dan SMP ke pemerintah pusat.

Ia menambahkan, selama ini kebutuhan guru untuk sekolah cukup dibantu oleh guru berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

"Sekarang sedikit terbantu dengan P3K, mereka sudah ditempatkan," katanya.

Jadwal pendaftaran CPNS 2019 akan dibuka usai pelantikan Presiden Joko Widodo beserta kabinet barunya. Soal rekrutmen CPNS 2019 tersebut ditegaskan Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Bima Haria Wibisana.

Kepala BKN ini menyatakan pembukaan lowongan akan dibuka pada Oktober 2019, tetapi tanggal pastinya baru akan diumumkan usai pelantikan.

Bima mengatakan, awalnya pembukaan lowongan dilakukan pada tanggal 17 Oktober 2019. Namun, rencana itu tidak dapat dilaksanakan karena harus menunggu pelantikan kabinet baru termasuk penentuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) yang baru.


Baca juga artikel terkait CPNS 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight