Pendapat Wapres JK Tentang Optimalisasi Modal Ekonomi Nasional

Oleh: Lalu Rahadian - 26 Februari 2018
Menurut Wapres JK, Indonesia perlu memaksimalkan modal demografi, yang didominasi generasi muda, melalui peningkatan kualitas pendidikan, investasi dan inovasi.
tirto.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan modal yang kini dimiliki oleh Indonesia untuk bersaing dengan negara lain di bidang ekonomi.

Menurut dia, Indonesia memiliki keunggulan dari segi demografi penduduk karena banyak memiliki populasi dari generasi muda. Pertumbuhan pesat jumlah masyarakat kelas ekonomi menengah, menurut JK, juga menjadi modal perekonomian Indonesia. Selain itu, Indonesia unggul karena memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah.

"Pendidikan harus ditingkatkan. Modalnya ialah bagaimana SDM di Indonesia ditingkatkan dalam bentuk pendidikan, pelatihan, dan juga pengelolaan SDA," ujar JK di Rapat Pimpinan Nasional I Institut Lembang Sembilan, Jakarta, pada Senin (26/2/2018).

JK menambahkan optimalisasi pertumbuhan ekonomi perlu dilakukan dengan memperbanyak lapangan pekerjaan. Kesempatan kerja bisa diperluas jika banyak investor menanamkan modal. Untuk menarik minat investor, pemerintah harus rajin memperbaiki infrastruktur.

"Tidak mungkin kita tanpa (infrastruktur) jalan yang baik, karena Malaysia, Thailand, punya (infrastruktur) jalan yang baik. Orang akan ke sana (jika infrastruktur Indonesia buruk)," kata JK.

JK juga berkata, pertumbuhan ekonomi juga bisa didorong jika pemerintah menyederhanakan regulasi di bidang perekonomian.

Selain itu, dia melanjutkan, generasi muda Indonesia perlu terus didorong agar memperbanyak inovasi.

"Kita perlu daya saing yang baik dengan inovasi, perbaikan sistem, (dan) birokrasi. Kita tidak bisa melihatnya hanya di Jakarta, tapi juga harus secara nasional," kata JK.

Baca juga artikel terkait PERTUMBUHAN EKONOMI atau tulisan menarik lainnya Lalu Rahadian
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Lalu Rahadian
Editor: Addi M Idhom