Pendaftaran Ujian Masuk Mandiri (UTUL) UGM Ditutup Hari Ini

Oleh: Yulaika Ramadhani - 1 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pendaftaran Jalur Mandiri atau Ujian Tulis (UTUL) UGM akan ditutup hari ini, Senin (1/7/2019).
tirto.id - Pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Gadjah Mada (UGM) atau Ujian Tulis (UTUL) UGM akan ditutup hari ini, Senin (1/7/2019).

UM UGM atau UTUL UGM ini sebelumnya telah dimulai pada 11 Juni 2019 melalui situs web um.ugm.ac.id.

Jalur mandiri merupakan seleksi yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai UTUL.

UTUL atau Jalur Mandiri UGM ini akan dilaksanakan di 5 kota yaitu, Jakarta, Pekanbaru, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta. Peserta bisa memilih lokasi ujian di kota-kota tersebut. Rincian lokasi bisa dilihat melalui situs web penerimaan mahasiswa baru UGM. Peserta yang telah memilih lokasi ujian dan mengunci data tidak dapat pindah lokasi ujian.


Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019, 2018, dan 2017 bisa mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma sesuai dengan kelompok UTBK yang diikuti.

Kelompok ujian terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:
  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek).
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).
Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran. Berikut jadwal Ujian Mandiri UGM.

Pendaftaran Online Pembayaran Cek Kartu Tes Tes Tertulis Pengumuman
11 Juni-1 Juli 2019 Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing. 5 Juli2019 14 Juli 2019 23 Juli 2019

Syarat Pendaftaran Ujian Mandiri UGM 2019
Syarat untuk mendaftar UTUL UGM yaitu pendaftar merupakan lulusan SMA/SMK/MA, atau sederajat, atau paket C tahun 2019, 2018, dan 2017. Pendaftar juga harus memiliki sertifikat hasil UTBK.

Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

Selain syarat umum, ada sejumlah syarat khusus sebagai berikut.
  1. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2017 dan 2018 harus memiliki ijazah.
  2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah. SKL wajib dibawa pada saat mengikuti ujian tulis.

Prosedur Pendaftaran Ujian Mandiri UGM 2019

  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur ujian tulis berhak untuk memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, BPD DIY, dan CIMB NIAGA.
  4. Mencetak Bukti Pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing.
  5. Mencetak Kartu Peserta Ujian yang memuat informasi lokasi dan jadwal ujian, sesuai waktu yang ditentukan, melalui akun pendaftaran masing-masing.
Berikut biaya pendaftaran berdasarkan kelompok ujian yang harus dibayarkan di sejumlah bank yang tersebut di atas.

Kelompok Biaya Pendaftaran
Soshum Rp300.000
Saintek Rp300.000
Campuran Rp325.000

Beberapa dokumen harus disiapkan sebelum mendaftar dan harus di-scan. Ukuran dokumen minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file. Hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas.

No. Dokumen yang Diunggah Format
1. Scan Ijazah (untuk lulusan 2018 dan 2017) atau Surat Keterangan Lulus/SKL (untuk lulusan 2019) *.pdf
2. Sertifikat hasil UTBK *.pdf
3. Scan KTP/Kartu Keluarga *.pdf


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight