Pendaftaran Seleksi Mandiri UNNES 2019 Dibuka Mulai 20 Mei

Oleh: Yantina Debora - 20 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pendaftaran seleksi mandiri UNNES 2019 dibuka mulai hari ini 20 Mei hingga 16 Juli 2019.
tirto.id - Pendaftaran seleksi mandiri Universitas Negeri Semarang (UNNES) 2019 untuk program sarjana dan diploma III dibuka mulai hari ini, Senin (20/5/2019).

"Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 20 Mei sampai dengan 16 Juli 2019 dengan sistem online melalui laman http://daftar.unnes.ac.id," demikian dikutip dari situs webnya.

Syarat umum pendaftaran UNNES 2019 yaitu lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2019, 2018, dan 2017 dibuktikan dengan ijazah.

Bagi lulusan 2019 dapat dibuktikan dengan surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah yang telah dilegalisasi.

Khusus pendaftar seleksi mandiri UNNES 2019 yang juga melamar program Bidikmisi harus memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan dari Kemenristekdikti.

Mengutip dari situs UNNES, siswa dikenai biaya seleksi sebesar Rp250 ribu. Bagi peserta yang memilih program studi yang mensyaratkan uji keterampilan seni/olahraga, membayar biaya uji keterampilan sebesar Rp150 ribu.

Biaya seleksi mandiri UNNES Kelas Internasional 2019 sebesar Rp300 ribu untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum. Biaya seleksi meniri UNNES dibayar melalui BNI dengan menunjukkan PIN pendaftaran.


Cara Daftar Seleksi Mandiri UNNES 2019

Tahap pertama yaitu membuka laman http://daftar.unnes.ac.id. Tentukan skema seleksi mandiri UNNES 2019 yaitu memilih Tulis/Reguler atau Kelas Internasional. Bagi peserta Reguler dapat mengajukan permohonan pembiayaan Bidikmisi, kecuali peserta Kelas Internasional.

Pilih kelompok program studi Saintek atau Soshum dan jenis ujian yaitu berbasis komputer (UBK) atau ujian berbasis cetak (UBC). Masukkan nomor peserta UTBK dan mengunggah sertifikat hasil UTBK bagi calon peserta yang pernah mengikuti tes UTBK.

Langkah selanjutnya, mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran seleksi mandiri UNNES 2019.

Dengan menggunakan PIN pendaftaran, Anda dapat melakukan pembayaran biaya seleksi dengan besaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil. Pembayaran mulai tanggal 20 Mei hingga 17 Juli 2019.

Bagi calon peserta yang mendaftar melalui pembiayaan Bidikmisi harus memperoleh KAP dan PIN pendaftaran seleksi mandiri dari laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id untuk dapat dibebaskan dari pembayaran biaya seleksi.

Setelah melakukan pembayaran biaya seleksi, login menggunakan username dan password pendaftar melalui laman http://daftar.unnes.ac.id untuk mengisi form.

Terdapat empat form yang tersedia. Pertama, kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal dan Uang Pangkal.

Kedua, khusus pendaftar seleksi mandiri UNNES Kelas Internasional mengisi kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan kategori tertinggi dan Uang Pangkal.

Ketiga, mengunggah file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm, berformat JPG, dengan ukuran maksimum 100 KB pada formulir yang telah tersedia.

Terakhir, mencetak Kartu Tanda Peserta selambat-lambatnya tanggal 18 Juli 2019. Kartu Tanda Peserta dicetak di kertas A4 berwarna untuk peserta dan diserahkan ke pengawas pada saat ujian.

Baca juga artikel terkait PENERIMAAN MAHASISWA BARU atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH