Pendaftaran PPDB Online SMA DKI Dibuka Hari Ini Pukul 08.00 WIB

Oleh: Maya Saputri - 25 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pendaftaran online PPDB SMA DKI Jakarta hari ini mulai dibuka hingga 27 Juni 2018 mulai pukul 08.00 WIB dan hari terakhir ditutup pukul 14.00 WIB.
tirto.id - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 jenjang SMA di DKI Jakarta untuk pertama kalinya akan diberlakukan sistem online dengan proses dan hasil seleksi bisa diketahui secara real time. Pendaftaran mulai dibuka per hari ini, Senin (25/6/2018).

Bagi calon siswa DKI Jakarta yang akan melakukan pendaftaran secara online, perlu memperhatikan beberapa hal terkait tatacara pendaftaran dalam tiga tahap yakni tahap pertama jalur lokal, tahap kedua jalur umum dan tahap ketiga.

Pilihan sekolah pada saat pengajuan pendaftaran untuk SMA maksimal 3 peminatan. Sedangkan p
ilihan peminatan pada saat pengajuan pendaftaran online untuk SMA maksimal 3 peminatan pada 1 sekolah yang sama maupun pada sekolah yang berbeda, dikutip dari website PPDB Online DKI Jakarta.

Yang perlu diperhatikan, PPDB SMA DKI Jakarta terbagi dalam sejumlah kategori. Selain PPDB untuk kategori calon siswa dengan domisili di DKI Jakarta, ada sejumlah jalur lain. Misalnya, PPDB jalur calon siswa domisili luar DKI, inklusi, afirmasi, anak panti dan prestasi.


Tatacara pendaftaran tahap pertama, calon siswa dapat melalui Jalur Lokal yang diperuntukkan bagi yang berdomisili di Provinsi DKI Jakarta. Syaratnya dengan menunjukkan Kartu Keluarga yang dikeluarkan Disdukcapil dan tercatat domisili paling akhir 1 Januari 2018 berdasar zona sekolah.

Kuota yang disediakan untuk PPDB Tahap Pertama Jalur Lokal minimal 55% dari daya tampung. Pilihan sekolah pada saat pengajuan pendaftaran online untuk SMA maksimal 3 peminatan. Pilihan peminatan pada saat pengajuan pendaftaran online untuk SMA maksimal 3 peminatan pada 1 sekolah atau 3 peminatan pada sekolah yang berbeda.

Calon peserta didik baru yang diterima tetapi tidak lapor diri pada Tahap Pertama Jalur Lokal, dapat mengikuti PPDB tahap ketiga. Sedangkan untuk calon peserta didik baru yang diterima, wajib melakukan lapor diri di sekolah pilihan sesuai jadwal.


Semua informasi terkait pendaftaran online SMA DKI Jakarta ini termasuk jadwal, tata cara dan syarat masuk dapat diakses di laman resmi PPDB Online DKI Jakarta. Pendaftaran online hari ini mulai dibuka hingga 27 Juni 2018 mulai pukul 08.00 WIB dan hari terakhir ditutup pukul 14.00 WIB, dengan catatan hari Minggu libur.



Baca juga artikel terkait PPDB atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: antara
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri