Pendaftaran Beasiswa LPDP 2018 Tujuan Dalam Negeri Dibuka Hari Ini

Oleh: Yulaika Ramadhani - 7 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pendaftaran dan submit dokumen beasiswa LPDP tujuan dalam negeri akan dibuka pada 7 Mei – 8 Juni 2018
tirto.id - Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2018 tujuan dalam negeri telah dibuka mulai hari ini, Senin 7 Mei 2018 sampai dengan 8 Juni 2018.

Program beasiswa ini ditujukan untuk jenjang Magister (S2) dan Doktoral (S3) di berbagai universitas di dalam maupun luar negeri.


Adapun kuota beasiswa seleksi tahun 2018 dibuka sebanyak 4.000 penerima. LPDP juga membuka beasiswa afirmasi khusus untuk penduduk di daerah tertinggal, beasiswa bidikmisi berprestasi, santri, olimpiade, PNS, TNI, polri, sampai dengan beasiswa untuk penyandang disabilitas.

Berikut panduan mendaftar beasiswa dilansir dari laman resmi LPDP.

Panduan Registrasi Akun

Langkah awal yakni membuka halaman beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id. Sebelum mendaftar beasiswa, peserta harus membuat akun terlebih dahulu menggunakan email. Kemudian, mengisi form yang telah disediakan seperti nama lengkap, nomor KTP, alamat hingga pendidikan terakhir.

Pastikan data diri yang diisi sudah lengkap dan benar. Satu orang pendaftar beasiswa LPDP 2018 hanya diizinkan memiliki satu akun.

Setelah membuat akun, sistem akan memunculkan pesan berhasil dan mengirimkan link verifikasi pada email pendaftar sesuai dengan email yang didaftarkan. Klik pada link yang disertakan di dalam email, maka akun peserta sudah terverifikasi.


Panduan Mendaftar Beasiswa LPDP

Setelah memiliki akun LPDP, akan ada empat menu utama dalam lama beasiswa LPDP yakni profil, daftar, status dan history. Pilih daftar untuk mulai mendaftar beasiswa LPDP 2018.

Kemudian akan muncul pilihan program beasiswa, pilihan perguruan tinggi, program studi dan lokasi wawancara. Untuk program beasiswa Magister dan Doktor Dalam Negeri, pilihan Program Studi Tujuan, disesuaikan dengan bidang keilmuan dan perguruan tinggi yang dipilih.

Jika program studi yang Anda maksudkan tidak ada pada daftar pilihan, artinya program studi tersebut tidak termasuk dalam daftar program studi yang dapat dipilih.

Dengan menekan tombol daftar, maka anda telah dinyatakan mengajukan diri pada program beasiswa tersebut. Satu peserta hanya dapat mendaftarkan satu program beasiswa.

Setelah peserta klik daftar maka akan dilanjutkan dengan mengisikan form pendaftaran dan mengunggah dokumen kelengkapan sesuai persyaratan.
  • Halaman pertama form berupa Riwayat Pendidikan dan Pekerjaan.
  • Halaman kedua berupa Pengalaman Organisasi.
  • Selanjutnya, peserta akan masuk ke halaman Informasi Lainnya. Halaman ini berisi prestasi lain yang diunggulkan, pengalaman pelatihan dan kemampuan bahasa asing.
  • Halaman keempat, peserta akan masuk pada halaman Dokumen. Anda harus mengunggah ijazah, transkrip nilai, rencana studi, Toefl atau sertifikat lain, surat izin belajar, surat rekomendasi dan LOA.
  • Halaman berikutnya, Anda harus mengisi Rencana Studi, Essay Peranku Bagi Indonesia dan Essay Sukses Terbesar Dalam Hidupku.
  • Terakhir yakni Submit Data.
Setelah submit, Anda akan diarahkan pada Halaman Status. Halaman Status adalah halaman yang menunjukkan status pendaftaran yang Anda lakukan.

Anda bisa melihat nomer registrasi pendaftaran, status pendaftaran, membatalkan pendaftaran, dan lain sebagainya melalui halaman ini. Halaman Status akan digunakan sebagai halaman untuk memonitor perkembangan seleksi dan melihat pengumuman terkait beasiswa yang telah anda ajukan.

Jika Anda mendapati Status Pendaftaran menjadi “Dokumen Dikembalikan”, artinya terdapat catatan dan harus diperbaiki pada dokumen. Anda hanya perlu memperbaiki dokumen sesuai dengan catatan yang diberikan, kemudian Submit ulang dokumen Anda.


Baca juga artikel terkait BEASISWA atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight