Pendaftar Rumah DP Rp0 Punya Mobil, DPRD: Warga DKI Jangan Serakah

Oleh: Haris Prabowo - 29 Juli 2019
Anggota DPRD DKI Jakarta Komisi D Bidang Pembangunan mengatakan seharusnya program rumah DP 0 rupiah diprioritaskan untuk orang-orang yang berkemampuan rendah.
tirto.id - Anggota DPRD DKI Jakarta Komisi D Bidang Pembangunan Bestari Barus, merespons isu munculnya pendaftar rumah subsidi DP 0 rupiah program Pemprov DKI Jakarta yang banyak dari kalangan warga mampu. Bahkan beberapa pendaftar memiliki mobil.

Bestari menilai, seharusnya program rumah DP 0 rupiah diprioritaskan untuk orang-orang yang berkemampuan rendah.

"Jadi pada tahapan seleksinya agar pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Perumahan harus betul-betul selektif dan mengabaikan orang-orang yang dinilai punya kemampuan lebih atau bahkan gajinya di atas 10 juta," kata Bestari saat dihubungi, Senin (9/7/2019) pagi.

Ia meminta warga berkemampuan tinggi untuk tidak serakah dan mementingkan diri sendiri dengan mendaftar program DP 0 rupiah.

"Kalau yang itu [warga mampu] ambil aja apartemen yang bagus-bagus. Saya juga mengingatkan warga Jakarta untuk tidak serakah, untuk kemudian membeli rumah tersebut, mencicil rumah tersebut untuk kepentingan ekonomi kedepan," katanya.

Ia mengaku paham bahwa modus para warga Jakarta yang mampu untuk mendaftar program rumah DP 0 rupiah agar kelak bisa disewakan kembali.

"Paling buat disewa-sewain. Itu boleh disebut sebagai mafia. Jadi Pemda DKI harus memberantas mafia pembelian rumah DP 0 yang dilakukan oleh orang-orang berkemampuan tinggi," katanya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga sempat merespons isu tersebut. Anies memastikan bahwa program tersebut akan tepat sasaran sesuai kriteria yang ada.

"Enggak. Nantinya akan di-review dan [yang lolos untuk kredit] sesuai dengan persyaratan. Karena itulah kenapa kita menggunakan kriteria. Supaya program ini menyasar dan memfasilitasi yang sesuai kriteria tersebut," kata Anies, Jumat (26/7/2019) lalu.


Baca juga artikel terkait DP RUMAH 0 RUPIAH atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight