Pemprov Jabar Bikin Pelatihan Bahasa Inggris untuk Ulama dan Guru

Oleh: Alfian Putra Abdi - 9 Januari 2019
Pemprov Jawa Barat bekerja sama dengan British Council dan Kedutaan Besar Inggris mengadakan program English for West Java untuk para ulama dan guru.
tirto.id - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sedang mengupayakan peningkatan kapabilitas bahasa Inggris untuk para ulama dan guru di Jawa Barat. Salah satunya dengan mengadakan program English for West Java yang bekerja sama dengan British Council dan Kedutaan Besar Inggris.

"Tujuannya adalah agar masyarakat Jawa Barat secara umum menjadi masyarakat yang bersaing, kompetitif, dan bisa memperkenalkan Jawa Barat, dan Indonesia lebih luas dengan skill bahasa," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui siaran resmi, Rabu (9/1/2019).

Menurut pria yang kerap dipanggil Emil ini, program tersebut sejalan dengan visi misi Pemprov Jawa Barat yang berhasrat merealisasikan jargon "Jawa Barat Juara Lahir Batin".

Pihak Pemprov Jawa Barat, British Council dan Kedutaan Besar Inggris, kata dia, sudah melakukan penandatanganan kesepakatan.

Emil mengatakan, program tersebut akan mulai pada Maret 2019 dalam bentuk pelatihan bahasa Inggris untuk para ulama dan guru.

Adapun para pesertanya, lajutnya, akan dipilih dengan sistem delegasi pada setiap kota dan kabupaten di Jawa Barat. Yang mana nantinya mereka akan juga diarahkan untuk menjadi mentor, sehingga ke depannya simpul pengajarannya terus tersambung ke lainnya.

Emil pun berharap dengan adanya program English for West Java, para ulama-ulama khususnya mampu membuka komunikasi antara dunia Islam dan Barat. Lebih jauh lagi, menyiarkan Islam yang ramah ke dunia.

"Nanti motor-motor penggeraknya adalah ulama-ulama yang datang dari Jawa Barat dengan skill bahasa Inggris yang memadai," tukasnya.


Baca juga artikel terkait PEMPROV JABAR atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno