Pemprov DKI Masih Utang Tanam 223 Pohon Akibat Revitalisasi Monas

Oleh: Riyan Setiawan - 5 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pemprov DKI masih berhutang menanam 223 pohon akibat revitalisasi Monas.
tirto.id -
Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefullah berjanji bakal mengganti tiga kali lipat pohon yang telah ditebang akibat proyek revitalisasi Monas.
Pada saat itu, Pemprov DKI menebang sebanyak 191 pohon di kawasan selatan Monas. Artinya mereka harus mengganti sejumlah 573 pohon.
Meski demikian, saat ini baru ada 350 pohon yang telah ditanam kembali pada Minggu (2/2/2020) kemarin. Jika dikurang dengan jumlah pohon yang harus diganti rugi, berarti Pemprov DKI masih berhutang sebanyak 223 pohon.
"Ini saya dapat report udah hari Sabtu mereka gali lobang, Minggu nananam, itu diangka 350-an lebih. Karena kami tebang 191 [Pohon] kali 3 [Ganti rugi] jadi 573," kata dia di Gedung Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020).
Selain 191 pohon yang ditebang di kawasan selatan Monas, kata Saefullah, terdapat juga pohon yang dipindahkan yakni 55 pohon di sisi barat dan 30 pohon di sisi timur Monas.
Namun ia tidak mengetahui ke mana 191 batang pohon yang terdiri dari kayu mahoni dan jati itu disimpan setelah ditebang. Sejumlah pohon itu kata Sekda DKI, rata-rata berukuran berdiameter 10 cm.
"Batang pohon? ya saya mana tahu," klaimnya.
"Ada berita acara [Penebangan pohon] di [Dinas] Cipta Karya ada. Omongan angka itu. saya kumpulkan mana berita acara, itu pegangan," tambahnya.

Kepala Seksi Pelayanan Informasi Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Irfal Guci membenarkan adanya penanaman kembali pohon di sisi Selatan Monas. Namun dia tak mengetahui secara pasti jumlah pohon pengganti yang ditanam.
“Kalau berapanya saya enggak tahu. Karena informasinya sampai saat ini saya hanya mendapatkan truk datang bawa pohon,” kata dia kepada wartawan.
Saat ini kata dia, semua pohon yang didatangkan dengan truk tersebut sudah habis ditanami kembali dengan jenis pohon pule.
“Saya kira sudah selesai untuk truk pohon yang kita bawa itu, semua yang datang sudah ditanam,” ucapnya.
Berdasarkan pantauan Tirto di lapangan, baru sekitar puluhan pohon besar saja yang ditanami di kawasan revitalisasi Monas. Kemudia terdapat puluhan sampai ratusan tanaman kecil yang ditanam di sekitar area pohon tersebut.
Terlihat puluhan pekerja tengah menanam pohon dan tanaman itu di lokasi revitalisasi. Ada yang tengah memacul untuk membuat lubang. Kemudian terdapat juga petugas yang tengah menanami bibit-bibit tanaman.



Baca juga artikel terkait REVITALISASI MONAS atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Hendra Friana
DarkLight