Pemprov DKI Janji Tambah Tempat Tidur Rumah Sakit Hingga 300 Persen

Oleh: Riyan Setiawan - 10 September 2020
Pemprov DKI juga berjanji akan menambah rumah sakit, ruang ICU, sarana prasarana, obat-obatan, tenaga medis, hingga lokasi pemakaman.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengatakan pemerintah provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah Gelanggang Olahraga (GOR) untuk menampung pasien positif COVID-19 melakukan isolasi. Selain itu, Pemprov DKI juga mendapatkan bantuan tambahan tower di Wisma Atlet dari pemerintah pusat.

"Kami di internal sudah mempersiapkan GOR-GOR ke depan yang akan kami siapkan," ujar Riza di Gedung Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (10/9/2020).

Politikus Partai Gerindra ini mengaku pemprov DKI tak hanya menambah tempat tidur rumah sakit sebanyak 20 persen saja, tetapi akan ditingkatkan sebanyak 300 persen dari total keseluruhan. Pasalnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memprediksi pada 17 September 2020 nanti jika PSBB terus dilonggarkan, rumah sakit akan penuh.

Jika saat ini jumlah tempat tidur di rumah sakit rujukan COVID-19 DKI berjumlah 4.456, maka Pemprov DKI berjanji akan menambahkan lagi tempat tidur sebanyak 13.368.

"Jadi enggak cuma meningkatkan 20 persen, harus 100 persen, 300 persen, semaksimal mungkin kami dukung," tuturnya.

Selain tempat tidur, Pemprov DKI juga berjanji akan menambah rumah sakit, ruang ICU, sarana prasarana, obat-obatan, tenaga medis, hingga lokasi pemakaman khusus orang yang dinyatakan positif COVID-19.

Namun dia tak merinci berapa banyak yang akan ditambahkan. Sementara sampai saat ini Pemprov DKI baru menambah 1.174 tenaga kesehatan.

"Prinsipnya [Pemprov] DKI akan terus meningkatkan kapasitas daripada semua terkait dalam rangka pencegahan, penanganan, dan penanggulangan COVID-19," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Bayu Septianto
DarkLight