Pemerintah Gelar Pangan Murah saat Natal dan Tahun Baru di Jakarta

Oleh: Haris Prabowo - 24 Desember 2019
Panganan yang dijual antara lain beras, daging sapi, daging ayam, telur ayam, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, cabe merah keriting, cabe rawit merah, dan gula pasir.
tirto.id - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta dan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) akan mengelar agenda pangan murah di sepuluh lokasi di Jakarta.

Agenda tersebut dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Kepala DKPK DKI Jakarta Darjamuni mengatakan bahwa pelaksanaan gelar pangan murah ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan terpenuhinya kebutuhan pangan yang terjangkau dan bermutu bagi warga Jakarta.

"Harga jual pada gelar pangan murah ini tentu dibawah harga di pasar, hal ini dikarenakan pangan yang dijual merupakan pasokan langsung dari gapoktan atau petani," kata Darjamuni lewat pers rilisnya yang diterima wartawan Tirto, Selasa (24/12/2019) pagi.

Menurut Darjamuni, pangan yang dijual pada gelar pangan murah ini antara lain beras, daging sapi, daging ayam, telur ayam, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, cabe merah keriting, cabe rawit merah, dan gula pasir.

Ia menambahkan pelaksanaan gelar pasar murah ini merupakan bagian dari upaya Pemprov DKI Jakarta dan Kementan untuk memberikan jaminan masyarakat mendapatkan akses pangan yg murah, terjangkau, dan bermutu, menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Berdasarkan pemantauan saat ini semua komoditas mengalami kenaikan sebesar lima persen. Namun masyarakat tidak perlu khawatir semua komoditas dan pasokan pangan tersedia dan aman," kata dia.


Baca juga artikel terkait HARGA PANGAN atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight