Pemerintah Berencana Menunda Libur Sekolah untuk Asian Games 2018

Oleh: Lalu Rahadian - 13 Februari 2018
Libur sekolah yang harusnya tiba di bulan Juli kemungkinan besar akan digeser ke bulan Agustus.
tirto.id - Pemerintah mempertimbangkan opsi memundurkan waktu liburan anak sekolah selama Asian Games 2018 berlangsung. Musim libur sekolah yang harusnya tiba di bulan Juli kemungkinan besar akan digeser ke bulan Agustus.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, opsi penggeseran waktu libur sekolah muncul setelah evaluasi dilakukan oleh penyelenggara Asian Games. Berdasarkan hasil uji coba, panitia penyelenggara masih membutuhkan tambahan waktu agar lalu lintas atlet dari dan menuju lokasi pertandingan tepat waktu.

"Dibutuhkan rekayasa lalu lintas yg lebih baik lagi, termasuk mempertimbangkan boleh tidak ditukar liburnya anak sekolah, tidak mengurangi jatah anak sekolah," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Asian Games akan diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Pesta olahraga antarnegara di kawasan Asia itu akan digelar di Jakarta dan Palembang. Sebelum menjadi tuan rumah tahun ini, Indonesia juga sempat menghelat Asian Games IV di Jakarta pada 1962 silam.


Rencananya, ada 41 cabang olahraga yang akan dipertandingkan selama Asian Games. Jumlah itu terdiri dari 33 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga nonolimpiade.

Jelang Asian Games, test event telah dilakukan sejak 8 Februari lalu. Ada delapan cabang olahraga yang dipertandingkan untuk test event, yakni atletik, taekwondo, angkat besi, basket, tinju, panahan, pencak silat dan voli.

Negara-negara yang ikut tes event Asian Games 2018 diantaranya Cina, Filipina, India, dan Singapura.

"Test event itu gunanya menguji dua hal: venue yang ada dan pengorganisasian apa lancar, dan juga kemampuan atlet kita," ujar JK.


Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Lalu Rahadian
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Lalu Rahadian
Editor: Dipna Videlia Putsanra