Pemerintah Anjurkan Masyarakat Tes COVID-19 usai Mudik Lebaran

Reporter: Farid Nurhakim - 11 Mei 2022 13:21 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan anjuran itu sebagai upaya mencegah penularan virus Corona.
tirto.id - Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk melakukan tes COVID-19 secara mandiri setelah mudik lebaran Idulfitri 2022. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan hal itu sebagai upaya mencegah penularan virus Corona.

“Hal ini sebagai bentuk kehati-hatian untuk melakukan tes [COVID-19] secara mandiri,” kata Wiku dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Wiku mengatakan tes mandiri dianjurkan bagi pemudik yang merasakan gejala COVID-19 meski sudah divaksinasi dosis ketiga atau booster.

Sementara bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), ketentuan tes diatur dalam Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 dan adendumnya.

“Khusus bagi ASN, sesuai himbauan Menteri PAN-RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) maka bagi yang selesai melakukan mudik untuk melakukan tes sebelum masuk kerja ke wilayah kerjanya,” kata Wiku.

ASN juga dianjurkan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sementara waktu setelah Idulfitri. Hal itu berdasarkan SE Nomor 440/2420/SJ tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Kementerian Dalam Negeri Selama Masa Arus Balik Idul Fitri 1443 H.



Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2022 atau tulisan menarik lainnya Farid Nurhakim
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Farid Nurhakim
Penulis: Farid Nurhakim
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight