Pemenang MAMA Fans' Choice 2018 Dipilih Berdasarkan Hasil Voting

Oleh: Syarifah Aini - 13 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Penilaian pemenang MAMA Fans’ Choice murni berdasarkan hasil penghitungan suara online yang dilakukan oleh para penggemar
tirto.id - Rangkaian ajang penghargaan Mnet Asian Music Award (MAMA) 2018 kembali digelar pada Rabu (12/12/2018).

Dilansir dari laman Soompi, penilaian pemenang MAMA Fans’ Choice murni berdasarkan hasil penghitungan suara online yang dilakukan oleh para penggemar dan penikmat musik Korea Selatan.

Acara puncak dari ajang bergengsi tersebut dimulai pukul 19.00 malam dan dipandu langsung oleh aktor Korea ternama yaitu Park Bo Gum.

Dalam ajang ini telah diumumkan sebanyak delapan penghargaan di antaranya Worldwide Icon of The Year, Worldwide Fans’ Choice TOP 10, Favorite Music Video, Favorite Vocal Artist, Favorite Male Dance Artist, Favorite Female Dance Artist, Favorite Female Dance Artist Japan, dan Mama Style in Music Awards.

Beberapa musisi ternama berhasil membawa pulang sejumlah penghargaan dengan penghargaan terbanyak diterima oleh Idol Group besutan Big Hit Entertaiment yaitu BTS. Idol Group beranggotakan 7 personil ini berhasil meraih 4 penghargaan. Posisi selanjutnya disusul oleh tiga Idol Group yang berhasil membawa pulang sebanyak 2 penghargaan yaitu MAMAMOO, MONSTA X, dan TWICE.

Sebelumnya telah dilaksanakan acara premier pada Senin lalu (10/12/2018) di Dongdaemun Design Plaza Art Hall Seoul, Korea Selatan. Pada agenda premier tersebut sebanyak dua belas penghargaan telah dibagikan kepada para artist Korea Selatan dan beberapa artis dari Asia yaitu Mandarin, Vietnam, Jepang, Thailand, dan Indonesia.

Dua belas penghargaan yang dibagikan pada ajang penghargaan tersebut di antaranya Best New Asian Artist, Best Engineer, Best Composer, Best Producer, Best Choreographer, Best Art Director, Best Executive Producer, Best Video Director, Best of Next, Best New Female Artist, Best New Male Artist, dan DDP Best Trend.

Para pemenang pada ajang premier yang bertajuk 10th annual MAMA: Challenge, Passion, Dream of MAMA tersebut dipilih berdasarkan beberapa kriteria penilaian.

Menurut Pihak Mnet yang dilansir dari Soompi (11/12/2018) penilaian pemenang didasarkan atas beberapa akumulasi dari penelitian yang terdiri dari hasil voting Mwave sebanyak 20 persen, penilaian juri panel (Korea dan Internasional) sebanyak 30 persen, penjualan digital sebanyak 30 persen, dan penjualan album fisik sebanyak 20 persen.

Sementara pada agenda kedua yang berlangsung kemarin (12/12/2018) memiliki penilaian yang berbeda. Ajang penghargaan yang dilaksanakan di Saitama Super Arena, Jepang tersebut mengusung tema “MAMA Fans’ Choice 2018”.

Ajang penghargaan yang diadakan Mnet ini rencananya akan kembali digelar di Hongkong pada 14 Desember mendatang. Acara tersebut merupakan acara final sekaligus penutup dari ajang penghargaan MAMA 2018.



Baca juga artikel terkait MAMA 2018 atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)


Penulis: Syarifah Aini
Editor: Yulaika Ramadhani
Kontributor: Syarifah Aini