Pembukaan Piala Menpora 2021 di Solo Digelar Tanpa Penonton

Oleh: Gilang Ramadhan - 21 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pembukaan turnamen pramusim ini digelar secara sederhana karena masa pandemi COVID-19.
tirto.id - Pembukaan turnamen sepakbola Piala Menpora 2021 digelar secara sederhana tanpa penonton di Stadion Manahan Solo hari ini, Minggu (21/3/2021).

Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan Grup A Piala Menpora 2021, Paulus Haryoto mengatakan pembukaan turnamen pramusim ini digelar tanpa penonton karena masa pandemi COVID-19.

Paulus Haryoto menjelaskan Piala Menpora 2021 akan dibuka dengan laga antara Arema FC Malang melawan Tira Persikabo di Stadion Manahan Solo pukul 18.15 WIB.

Prosesi pembukaan dan pertandingan akan disiarkan langsung oleh televisi swasta. Dia memastikan tidak ada seremonial yang panjang dan langsung kick off antara Arema vs Persikabo.

Pembukaan Pila Menpora rencananya dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita, dan Dirops PT LIB Sudjarno.

Paulus menambahkan, seluruh laga di Piala Menpora juga tidak dihadiri penonton. Dalam setiap pertandingan maksimal dihadiri sebanyak 299 orang dengan protokol kesehatan sangat ketat. Mereka terdiri atas pemain dan ofisial dari kedua tim, panitia, perangkat pertandingan, media dan aparat keamanan.

"Semua yang hadir di ring satu dua di kawasan stadion, tiga jam sebelum pertandingan akan ada tes usap antigen, yang dinyatakan negatif," kata Paulus seperti dilansir Antara.

Dalam kesempatan berbeda, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengingatkan kepada semua suporter sepakbola, khususnya yang berada di wilayahnya, untuk menonton pertandingan dari rumah.

"Saya tegaskan kepada seluruh suporter agar menonton di rumah masing-masing. Tidak ada nobar (nonton bareng)," ujar Gibran di Stadion Manahan, Sabtu (20/3/2021.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, juga memohon agar suporter tidak datang ke stadion atau membuat kerumunan selama pelaksanaan Piala Menpora.

Andai ada pelanggaran, Iriawan memastikan Polri akan mengambil sikap tegas yang berakibat tidak dikeluarkannya izin keramaian untuk Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2021.

"Polri tentu saja akan melihat hal itu," tutur pria yang biasa disapa Iwan Bule itu.


Baca juga artikel terkait PIALA MENPORA 2021 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Sumber: Antara
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight