Pembebasan Lahan Sirkuit MotoGP di Mandalika Lombok Diklaim Tuntas

Oleh: Husein Abdulsalam - 28 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
"Pembebasan lahan sudah tuntas, tidak ada masalah, itu kuncinya. Itu mulai dibangun setelah pembebasan tanah selesai," ujar Isnidar.
tirto.id - Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Isnidar mengklaim pembebasan lahan sirkuit balap MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok sudah tuntas.

"Pembebasan lahan sudah tuntas, tidak ada masalah, itu kuncinya. Itu mulai dibangun setelah pembebasan tanah selesai," ujar Isnidar saat bertemu Tirto di KEK Mandalika, Jumat (27/7/2018).

Sirkuit sepanjang 4,8 kilometer itu terletak di KEK Mandalika yang membentang di tepi selatan Pulau Lombok, NTB. Komplek sirkuit ini akan ditempatkan di lahan seluas 30 Ha.

Isnidar mengatakan pembangunan sirkuit MotoGP tersebut sudah dimulai.

"[Pembangunan] sudah dimulai. Desain [sirkuitnya] sejak 2017 akhir sudah diajukan," ujar Isnidar.

Sirkuit MotoGP Lombok berkonsep sirkuit jalan raya, seperti sirkuit balap di Monaco dan Singapura. Sirkuit dengan nilai investasi sebesar 500 dolar AS tersebut dibangun perusahaan konstruksi asal Perancis, Vinci Construction Grand Projects (VCGP).

Selain itu, di kawasan KEK Mandalika ini juga akan dibangun resort. Kepala General Affair KEK Mandalika Lanang Bratasuta mengungkapkan Paramount Lombok Resort & Residence yang dibangun di KEK Mandalika memiliki rancang bangunan bernuansa Californian style dan bertema perfilman.

"Belum lama ini kita kedatangan CEO Paramount. Mereka bercerita hotel yang akan dibangun mengambil tema perfilman, ada berbau film. Arsitekturnya mengambil konsep modern, tetapi di dalamnya bernuansa California style," ujar Lanang saat bertemu Tirto di KEK Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (27/7/2018).

KEK Mandalika terletak di tepi pantai selatan Pulau Lombok. Selain dapat menikmati pemandangan laut luas, para pengunjung KEK Mandalika juga disuguhi pemandangan bukit.

Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi NTB Indira mengatakan sejumlah titik di KEK Mandalika cocok dijadikan lokasi pengambilan gambar film.

"Ada pegunungan, perbukitan, dan pantai langsung. Pokoknya keren," ujar Indira.

Pembangunan Paramount Lombok Resort & Residence dilakukan sejak dua bulan lalu. Menteri BUMN Rini Soemarno sendiri yang meletakkan batu pertama (ground breaking) tanda dimulainya pembangunan proyek tersebut pada 18 April 2018.

Dibangun di atas lahan seluas 7,65 Ha, resort bernilai Rp 1,3 triliun tersebut bakal mengoperasikan lebih dari 400 kamar.

Baca juga artikel terkait MOTO GP atau tulisan menarik lainnya Husein Abdulsalam
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Husein Abdulsalam
Penulis: Husein Abdulsalam
Editor: Maya Saputri