Pembangunan Stadion Persija Dimulai, Bisa Tampung 82 Ribu Orang

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 14 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Proses pembangunan Stadion Persija dimulai pada hari ini, diperkirakan rampung 2,5 tahun dan mampu menampung 82 ribu penonton.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan kick off pembangunan Jakarta International Stadium untuk Persija.

"Jakarta memulai babak baru. Di tempat ini, akan didirikan Jakarta International Stadion," ujar Anies dalam sambutan acara kick off pembangunan Jakarta International Stadium, Sunter, Jakarta Utara, pada Kamis (14/3/2019).

Anies mengatakan proses pembangunan stadion Persija ini akan dilakukan selama kurang lebih 2,5 tahun, terhitung sejak kick off pada hari ini.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo, Dwi Wahyu Daryoto yang hadir dalam acara itu menyampaikan, stadion ini tidak hanya diperuntukkan untuk olahlaga saja. Tetapi ke depan dilengkapi fasilitas hiburan dan atraksi seperti bungee jumping dan rock climbing.

"Bangunan-bangunan inj akan dilengkapi dengan fasilitas rekreasi dan fasilitas atraksi yang bisa dijalani setiap hari," kata Dwi di hadapan suporter Persija saat pembukaan acara kick off stadion.

Dwi menjelaskan, stadion Persiha diperkirakan bisa menampung sekitar 82 ribu orang. Dwi juga menyebut akan dibangun stasiun LRT dan MRT di kawasan stadion tersebut.

"Bangunan ini dirancang untuk mendapatkan sertifikat green building," kata Dwi.

Dwi menjelaskan langkah yang akan diambil untuk mendapatkan sertifikat green building adalah membuat beberapa langkah, termasuk pengelolaan air dan limbah, yang ramah lingkungan.

Saat kampanye Pilkada DKI 2017, pasangan Anies yang kini mundur undur untuk menjadi Cawapres, Sandiaga Uno pernah berjanji stadion untuk Persija bakal dibangun dengan kualitas setara Old Trafford milik Manchester United.

Luas kawasan stadion BMW diperkirakan mencapai 500 ribu meter persegi, sementara luas stadion utamanya akan sebesar 76 ribu meter persegi.

Alokasi anggaran untuk pembangunan stadion ini telah disetujui Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta, pada Selasa (27/11/2018). Dalam rapat itu, Banggar setuju untuk menambah alokasi anggaran hingga sebesar Rp900 miliar.

Peletakan batu pertama Stadion Taman BMW dilakukan oleh Joko Widodo selagi menjadi Gubernur DKI Jakarta pada Mei 2014. Peletakan baru pertama selanjutnya dilakukan oleh Djarot Saiful Hidayat, sewaktu menjadi Gubernur DKI Jakarta pada September 2017.


Baca juga artikel terkait PERSIJA atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Agung DH