Pembalap Anthoine Hubert Meninggal Usai Crash di Grand Prix Belgia

Oleh: Permadi Suntama - 1 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Anthoine Hubert meninggal dunia setelah mengalami crash dengan Juan Manuel Correa, di Grand Prix Belgia, pada Sabtu (31/8/2019).
tirto.id - Pembalap Formula 2 (F2), Anthoine Hubert meninggal dunia setelah mengalami crash dengan Juan Manuel Correa, di Grand Prix Belgia, pada Sabtu (31/8/2019). Pembalap berkebangsaan Perancis itu mengalami cedera parah setelah ditabrak oleh Correa, dengan kecepatan 170mph, dan dinyatakan meninggal setelah menerima perawatan di pusat medis FIA.

Insiden bermula dari Giuliano Alesi, yang tak mampu mengendalikan mobilnya di Eau Rouge (nama lintasan di sirkuit Spa-Francorchamps). Anthoine Hubert, yang berada di belakangnya mencoba menghindari Alesi, tetapi Correa, yang melaju dengan kecepatan 170mph menabrak Hubert dari belakang.

Akibat insiden tersebut, balapan sprint race F2 sempat ditunda beberapa menit sebelum akhirnya dibatalkan oleh FIA. Kendati demikian, balapan di kelas lain tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

“Perlombaan dihentikan setelah kecelakaan dan dibatalkan dalam beberapa menit ketika potensi keseriusan kecelakaan menjadi jelas. Formula 2 telah mengumumkan bahwa sprint race Minggu di Spa-Francorchamps telah dibatalkan untuk menghormati [Anthoine Hubert], sementara balapan Formula 3 akan terus berjalan,” tulis Andrew Benson, jurnalis motorsport seperti dikutip BBC.

Anthoine Hubert, merupakan pembalap dari tim BWT Arden, dan berhasil meraih 2 gelar juara di Grand Prix Monaco, dan Perancis. Ia pun berada di peringkat kedelapan klasmen sementara Formula 2 2019.

Selain itu, ia juga menjadi bagian dari proyek jangka panjang Renault, yang tergabung dalam young driver programer di Renault Sport Academy. Kepergiannya pun menjadi kehilangan bagi Renault, yang menyiapkan Hubert, untuk menjadi pembalap F1.

"Sebagai juara bertahan Formula 3 dan anggota Equipe de France, FFSA (Federasi Perancis Motorsport), pembalap berkebangsaan Prancis itu adalah talenta besar yang juga membawa energi positif yang besar pada kejuaraannya, timnya dan Renault Sport Academy,” tambah Andrew Benson.

Insiden itu pun mendapat tanggapan dari pembalap-pembalap lain seperti Fernando Alonso. Melalui akun twitter pribadinya, Fernando Alonso, menyampaikan duka cita atas kepergian Hubert.

“Sore yang menyedihkan. Saya tidak punya kata-kata. Itu menyakiti hati. Beristirahatlah dalam perdamaian. DEP Anthoine,” tulis Fernando Alonso, di akun twitternya.

Sementara itu, dilansir dari motorsport, Juan Manuel Correa, yang juga terlibat dalam insiden tersebut masih mendapatkan perawatan intensif dan telah dipindahkan ke rumah sakit di kota Liege. Pembalap berkebangsaan Amerika Serikat itu disebut telah membaik namun tak akan kembali ke lintasan setidaknya hingga akhir musim.

“Hari ini [Sabtu], Juan Manuel Correa terlibat dalam insiden menakutkan di Grand Prix Belgia di Spa-Francorchamps di Belgia. [Ia mengalami] penderitaan patah pada kedua kakinya dan cedera tulang belakang kecil, Correa menjalani operasi dan sedang beristirahat di Unit Perawatan Intensif,” tulis pernyataan resmi American FIA Formula 2 dikutip motorsport.


Baca juga artikel terkait BERITA DUKA atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - )

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight