FIFA Club World Cup 2022

Pembagian Grup Piala Dunia Qatar 2022: Argentina-Portugal Grup Apa?

Kontributor: Beni Jo, tirto.id - 23 Agu 2022 08:15 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Pembagian grup Piala Dunia 2022 Qatar: Timnas Argentina dan Portugal tergabung di grup mana?
tirto.id - Pembagian grup Piala Dunia Qatar 2022 sudah dapat dilihat hasilnya. Lantas, Timnas Argentina yang diperkuat Lionel Messi dan Portugal yang dipimpin Cristiano Ronaldo tergabung di grup mana? Putaran final FIFA World Cup 2022 di Qatar bakal dihelat tanggal 20 November-18 Desember 2022.

Piala Dunia 2022 di Qatar akan diikuti total 32 peserta dari seluruh dunia. Zona UEFA atau Eropa mengirim wakil terbanyak dengan jumlah 13 negara yakni Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Portugal, Belgia, Kroasia, Belanda, Denmark, Polandia, Serbia, Swiss, dan Wales.

Benua Afrika atau Zona CAF menempatkan 5 wakilnya, yaitu Kamerun, Ghana, Maroko, Senegal, serta Tunisia. Sedangkan Zona CONCACAF alias Amerika Utara dan Tengah diwakili 4 tim: Kanada, Kosta Rika, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Ada 4 tim juga dari Zona CONMEBOL atau Amerika Selatan, yaitu Argentina, Brasil, Ekuador, dan Uruguay. Sementara Zona AFC alias Asia punya 6 tim yakni Qatar selaku tuan rumah, kemudian Australia, Iran, Jepang, dan Arab Saudi.

Pembagian Grup Piala Dunia 2022: Argentina dan Portugal Grup Mana?

Di putaran final Piala Dunia 2022, Argentina berada di Grup C bersama Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia. Sedangkan Portugal menghuni Grup H bareng Ghana, Uruguay, serta Korea Selatan.

Sebelum dilakukan drawing pembagian grup, FIFA telah membagi negara peserta ke dalam 4 pot sesuai dengan peringkat dunia masing-masing, kecuali Qatar yang langsung menempati Pot 1 karena berstatus tuan rumah.

Selain itu, ada ketentuan bahwa negara yang berasal dari zona atau konfederasi yang sama tidak akan berada satu grup dalam babak undian tersebut. Artinya, satu grup akan berisi negara yang berasal dari zona AFC, CAF, CONCACAF, serta UEFA, kecuali 5 grup yang akan dihuni 2 negara dari Eropa.

Berdasarkan hasil drawing yang sudah dilakukan di Doha Exhibition and Convention Center, Doha, Qatar, pada 1 April 2022 lalu, dihasilkan pembagian grup Piala Dunia 2022.

Selain Australia dan Wales yang masih menjalani babak play-off kala itu, seluruh negara peserta (30 tim) telah dimasukkan ke dalam Grup A hingga Grup H dengan masing-masing dihuni 4 tim.

Qatar sebagai tuan rumah secara otomatis menempati Grup A. The Maroon yang dibesut Félix Sánchez berada satu grup dengan Ekuador, Senegal, dan Belanda.


Sebagai partai pembuka Piala Dunia 2022 mendatang ialah duel antara Qatar kontra Ekuador pada Minggu, 20 November 2022, di Stadion Al Bayt, Al Khor.

"Laga ini akan seperti final bagi kami karena bakal berpengaruh besar, baik untuk diri kami sendiri dan Qatar," tutur Gustavo Alfaro, pelatih Ekuador, dikutip dari laman resmi FIFA.

Dari Grup B, terdapat pertemuan antara Inggris dan Amerika Serikat. Selain itu, ada pula Iran dan Wales. Sedangkan Grup C dihuni Argentina bersama Arab Saudi, Meksiko, serta Polandia.

Juara Piala Dunia 1998 dan 2018, Prancis, akan berjuang di Grup D. Anak asuh Didier Deschamps dijadwalkan meladeni Australia, Denmark, serta Tunisia.

Dua tim besar asal Eropa yang pernah menjadi juara dunia, Spanyol dan Jerman sama-sama tergabung di Grup E. Tim lainnya ialah Kosta Rika dan Jepang. Sedangkan Grup F diisi Belgia, Kanada, Maroko, dan Kroasia.

Brasil sebagai pemilik trofi Piala Dunia terbanyak dengan 5 piala akan tampil di Grup G bersama Serbia, Swiss, dan Kamerun. Adapun Grup H diisi Portugal, Ghana, Uruguay, ditambah wakil Asia, Korea Selatan.

Rangkaian pertandingan Piala Dunia 2022 akan digelar di 8 tempat. Grup A, B, E, dan F tampil di Stadion Al Bayt, Stadion Khalifa International, Stadion Al Thumama, dan Stadion Ahmad bin Ali.

Sedangkan Grup C, D, G, dan H memainkan pertandingan di Stadion Lusail, Stadion 974, Stadion Education City, dan Stadion Al Janoub.

Sesuai dengan skema turnamen, juara dan runner-up masing-masing grup akan lolos menuju babak 16 besar. Pemenang kemudian menjalani partai perempat final, semifinal, hingga final.


Hasil Pembagian Grup Piala Dunia Qatar 2022

Berikut adalah daftar lengkap pembagian grup Piala Dunia Qatar 2022:

Grup A
Qatar
Ekuador
Senegal
Belanda

Grup B
Inggris
Iran
Amerika Serikat
Wales

Grup C
Argentina
Arab Saudi
Meksiko
Polandia

Grup D
Prancis
Australia
Denmark
Tunisia

Grup E
Spanyol
Kosta Rika
Jerman
Jepang

Grup F
Belgia
Kanada
Maroko
Kroasia

Grup G
Brasil
Serbia
Swiss
Kamerun

Grup H
Portugal
Ghana
Uruguay
Korea Selatan

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight