Pembagian Daging Kurban Masjid Istiqlal Mengalami Penurunan

Oleh: Alexander Haryanto - 2 September 2017
Abu mengatakan, tahun ini pengurus Masjid Istiqlal hanya membagikan 4.000 kantong daging kurban. Jumlah itu mengalami penurunan dibanding tahun lalu, yakni sebanyak 6.000 kantong.
tirto.id - Guna memperingati Idul Adha 1438 Hijriah, pengurus Masjid Istiqlal Jakarta Pusat akan membagikan sebanyak 4.000 kantong daging kurban kepada warga.

"Setelah disembelih, kami perkirakan nantinya akan terkumpul sekitar 4.000 kantong daging kurban, untuk kemudian dibagikan kepada sebanyak 4.000 kepala keluarga (KK)," kata Kepala Bidang Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam di Jakarta, Jumat (1/9/2017).

Menurut Abu, jumlah itu mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan perolehan kantong-kantong daging kurban dalam peringatan Idul Adha pada 2016.

"Saat Idul Adha tahun lalu, ada 6.000 kantong daging kurban yang kami bagikan kepada warga yang membutuhkan. Tahun ini, jumlahnya mengalami penurunan, menjadi hanya 4.000 kantong," ujar Abu, dikutip dari Antara.

Ia mengatakan bahwa panitia akan membagikan ribuan kantong daging kurban langsung kepada masyarakat. Sehingga, warga tidak perlu datang dan mengantri di Masjid Istiqlal seperti tahun lalu.

"Pola pendistribusian daging kurban tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau dulu kami membagikan kupon kepada warga, kali ini kami akan distribusikan langsung kepada masyarakat," tutur Abu.

Pihak panitia, kata dia, telah melakukan pemetaan wilayah dan telah berkoordinasi dengan pengurus RT maupun RW yang akan menerima daging tersebut.

"Jadi, nanti daging kurban itu akan didistribusikan melalui pengurus RT, RW, Kelurahan, masjid atau musholla serta rumah-rumah yatim yang ada di sekitar wilayah Masjid Istiqlal. Ini dilakukan supaya pendistribusian daging kurban bisa tepat sasaran," ungkap Abu.

Pada Idul Adha tahun ini, kata dia, pihak pengurus Masjid Istiqlal telah menerima 53 hewan kurban yang terdiri dari 27 ekor sapi serta 26 ekor kambing.

Masyarakat yang diprioritaskan untuk menerima daging kurban itu adalah warga yang bermukim di sekitar wilayah Masjid Istiqlal.

Baca juga artikel terkait IDUL ADHA 2017 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Alexander Haryanto
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight