Pemakaman Tony Stark di Avengers: Endgame Jadi Adegan Termahal

Oleh: Rachma Dania - 29 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Adegan paling mahal dalam Endgame, menurut Russo bersaudara adalah saat pemakaman Tony Stark atau Iron Man.
tirto.id - Pemakaman Tony Stark (Robert Downey Jr.) atau Iron Man dalam film Avengers: Endgame diyakini sebagai adegan paling mahal dalam sejarah perfilman, demikian menurut sutradara Endgame, Joe dan Anthony Russo.

Film yang disutradarai Russo bersaudara ini menghabiskan biaya produksi 356 juta dolar atau sekitar Rp4,9 triliun, sebagaimana dikutip dari Antara News.

“Dulu kami menggunakannya sebagai candaan, walaupun aku tidak menyadarinya. Sekarang adegan tersebut mungkin menjadi syuting termahal dalam sejarah film," ujar Russo seperti dikutip Movie Web Minggu (28/7/2019).

Biaya film ini banyak dihabiskan untuk adegan perang yang memerlukan Computer-Generated Imagery (CGI). Adegan paling mahal adalah saat pemakaman Tony Stark karena gaji para aktris dan aktor.

"Ada banyak [pengeluaran] gaji dalam pengambilan gambar di sana. Setidaknya ini hari termahal pemain figuran dalam sejarah film, selain Cleopatra," tambah Russo.

Joe Russo mengatakan ada banyak orang yang terlibat dalam adegan pemakaman Tony Stark.

“Semua orang di sana,” ujarnya ketika ditanya tentang pengambilan gambar di Georgia tersebut.

Kedua sutradara ini memastikan semua orang untuk melakukan pekerjaan dengan cepat. Mereka memilih perkebunan yang sangat dekat dengan Bandara Atlanta untuk lokasi syuting.

“Banyak orang yang hanya berdiri di sana, mereka bahkan tidak bergerak,” ujar penulis skenario Endgame, Christopher Markus.

Ia mengatakan, pemakaman Tony Stark merupakan cara yang mudah bagi beberapa figuran untuk mendapat uang. Untuk adegan ini, Russo bersaudara mengumpulkan banyak orang tetapi tidak mengatakan adegan apa yang akan dilakukan.

"Mereka semua dibawa ke sana dengan alasan akan dilaksanakan pengambilan gambar untuk pernikahan, agak memilukan sebenarnya untuk dipikirkan sekarang. Semua orang datang bersama manajernya dengan rambut dan tata rias yang baik. Kami tidak dapat memberitahu mereka karena bisa jadi terjadi kebocoran ending dari film ini," ujar Joe.

"Jadi mereka semua dibawa ke sana dengan dalih akan datang untuk pernikahan. Ketika hari pelaksanaan syuting kami mengarahkan untuk memakai pakaian hitam, dan mereka mengatakan ‘ini merupakan pernikahan yang aneh’," tambahnya.

Russo bersaudara memang mengupayakan segala cara untuk menghalangi spoiler Endgame. Tom Holland mengatakan, mereka sebagai pemain bahkan tidak melihat seluruh naskah dan banyak melakukan improvisasi.

"Film Avengers: Endgame sangat menarik karena ketika kami melaksanakan syuting tidak ada script," ujar Holland.

Naskah hanya diketahui oleh pemain yang akan beradu akting dalam satu adegan. Misalnya dalam salah satu adegan yang dilakoni Holland, naskah hanya diketahui Kevin Feige, Russo bersaudara, Robert Downey Jr., Gwyneth Paltrow, and Don Cheadle.

"Mereka membawa kita ke dalam set dan memberitahukan apa yang akan terjadi atau apa yang mereka inginkan terjadi. Setelah itu kita melakukan improvisasi,” ujar Tom Holland.

Improvisasi bukanlah hal yang baru dalam film-film Marvel Cinematic Universe (MCU). Kehadiran aktor senior seperti Robert Downey Jr., Don Cheadle, dan Gwyneth Paltrow membuatnya menjadi lebih mudah.

Pengeluaran budget yang banyak hingga usaha mencegah kebocoran spoiler film ini sebanding dengan Avengers: Endgame yang sekarang berada di puncak box office sepanjang masa, dengan total pendapatan 2,79 miliar dolar atau setara Rp39 triliun menggeser Avatar (2009).


Baca juga artikel terkait AVENGERS ENDGAME atau tulisan menarik lainnya Rachma Dania
(tirto.id - Film)

Kontributor: Rachma Dania
Penulis: Rachma Dania
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight