Piala AFF 2018

Pemain Thailand Kembali Raih Gelar Top Skor pada Gelaran Piala AFF

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 15 Desember 2018
Adisak Kraisorn berhasil keluar sebagai top skor (pencetak gol terbanyak) pada Piala AFF 2018, mengulangi pencapaian pemain Thailand lain, Teerasil Dangda dalam gelaran Piala AFF 2016.
tirto.id - Piala AFF 2018 telah resmi selesai, dengan berakhirnya laga final leg kedua antara Vietnam vs Malaysia di Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu (15/12/2018). Vietnam keluar sebagai juara kompetisi, lantaran berhasil menundukkan Malaysia dengan agregat 3-2 pada partai puncak.

Namun, tak seperti pada edisi sebelumnya, di turnamen kali ini top skor kompetisi bukan berasal dari tim juara. Adalah Adisak Kraisorn, striker Timnas Thailand yang berhasil merebut penghargaan sepatu emas. Delapan golnya pada gelaran Piala AFF 2018 membuat Adisak jadi pemain paling subur.

Ia unggul jauh dari dua pesaingnya yang berasal dari tim finalis, Nirshahrul Idlan Talaha (Malaysia) serta Nguyen Anh Duc (Vietnam). Kedua pemain tersebut sama-sama menorehkan lima gol sepanjang kompetisi.

Ketajaman Adisak yang paling menyita perhatian adalah pada laga pembuka Thailand melawan Timor Leste, 9 November lalu. Saat itu ia mencatatkan enam gol dalam satu pertandingan, sekaligus menandai kemenangan 7-0 Tim Gajah Putih.

Keberhasilan Adisak jadi top skor juga melanjutkan dominasi striker Thailand pada turnamen sebelumnya. Tepatnya dalam gelaran Piala AFF 2016 lalu, pemain Thailand pula yang sukses mencatatkan diri sebagai top skor. Ia adalah Teerasil Dangda yang mengemas sebanyak enam gol sepanjang kompetisi.

Adapun pada turnamen kali ini, patut disayangkan Adisak yang jadi top skor gagal mengantarkan timnya juara. Thailand tersingkir dari turnamen pada fase semifinal setelah kalah jumlah gol tandang dalam duel kontra Malaysia yang berkesudahan dengan agregat 2-2.

Berikut Daftar Perolehan Gol Terbanyak di Piala AFF 2018

Pos.
Pemain
Jumlah Gol
1
Adisak Kraisorn (Thailand)
8
2
Norshahrul Idlan Talaha (Malaysia)
5
2
Nguyen Anh Duc (Vietnam)
5
4
Nguyễn Công Phượng (Vietnam)
3
4
Nguyen Quang Hai (Vietnam)
3
4
Pansa Hemviboon (Thailand)
3
4
Safuwan Baharudin (Singapura)
3
4
Supachai Jaided (Thailand)
3
4
Zaquan Adha Abdul Razak (Malaysia)
3

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan