Pemain Terbaik Liga 1 2019 di Tiap Posisi versi PT LIB dan TSG

Oleh: Hendi Abdurahman - 26 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
PT LIB melalui Tim Technical Study Group (TSG) mengumumkan 11 pemain terbaik Liga 1 2019.
tirto.id - Operator Liga 1 2019, PT LIB melalui Tim Technical Study Group (TSG) telah mengumumkan sebelas pemain terbaik di tiap posisi. Dari nama-nama yang tertera, penggawa Bali United mendominasi dengan menempatkan 3 pemain.

Selanjutnya, Persipura dan Borneo FC menyumbang 2 nama. Adapun PSM, Persebaya, Arema FC dan Persija masing-masing diwakili oleh satu penggawa.

Di posisi penjaga gawang, Wawan Hendrawan didapuk menjadi yang terbaik. Pemain kelahiran Brebes tersebut merupakan andalan Serdadu Tridatu dengan menorehkan 31 penampilan dan kebobolan 30 kali dari total 35 gol yang bersarang ke gawang Sridatu Tridatu musim ini.

Untuk lini pertahanan, terdapat nama Asnawi Mangkualam, Ricardo Salampessy, Javlon Guseynov dan Ruben Sanadi. Di sektor gelandang, Fadil Sausu, Renan Silva, Konate Makan dan Todd Rivaldo Ferre tampil konsisten untuk tim yang dibelanya.

Selain 9 nama yang telah disebutkan, dua pemain tersisa yang dipilih sebagai penyerang terbaik yakni Marko Simic dan Ilija Spasojevic. Simic menjadi top skor bagi Persija dengan 28 gol sementara Spaso menorehkan 16 gol bagi Bali United.


Terpilihnya sebelas nama tersebut didasari oleh rapor penampilan pemain selama satu musim yang dipantau oleh empat panelis dari Tim Technical Study Group (TSG) yang diisi oleh Ansyari Lubis, Mustaqim, Supriyono Prima dan Octavery krisnandana.

“Penentuan nama-nama yang masuk telah melalui proses. Tiap pekan kami menganalisa, kemudian pada akhir musim , kami diskusikan secara bersama. Semua berdasarkan fakta dan data yang komprehensif,” ucap Mustaqim.

Selain itu, terdapat pula 8 nama pemain cadangan yang juga dipilih TSG. Dede Sulaiman di posisi penjaga gawang sedangkan di posisi tengah dan depan diisi oleh Anderson Salles, Ricky Fajrin, Marc Anthony Klok, Terens Puhiri, Febri Hariyadi dan Beto Goncalves.

Berikut 11 Pemain Terbaik Liga 1 2019 versi PT LIB & TSG:

Kiper: Wawan Hendrawan (Bali United).

Bek: Asnawi Mangkualam (PSM), Ricardo Salampessy (Persipura), Javlon Guseynov (Borneo FC), Ruben Sanadi (Persebaya).

Gelandang: Fadil Sausu (Bali United), Renan Silva (Borneo FC), Konate Makan (Arema FC), Todd Rivaldo Ferre (Persipura).

Penyerang: Marko Simic (Persija), Ilija Spasojevic (Bali United).

Cadangan:

Dede Sulaiman (Persipura), Anderson Salles (Bhayangkara FC), Ricky Fajrin (Bali United), Marc Klok (PSM), Terens Puhiri (Borneo FC), Febri Hariyadi (Persib), Beto Goncalves).


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight